--> Skip to main content

Cara Unlock Bootloader Semua Xiaomi Terbaru 2023

Cara Unlock Bootloader Semua Xiaomi Terbaru Dengan Mudah

Cara Unlock Bootloader Semua Xiaomi Terbaru 2023 - Baik, jadi berbangga hati lah bagi kalian semua pengguna Xiaomi Redmi Note 3 (PRO), Redmi 3 (PRO), Mi 4c, Mi Note PRO, Mi 5, Mi Max dan semua smartphone Xiaomi keluaran 2017 terbaru hingga 2023 ini karena pihak Xiaomi saat ini telah menaikkan tingkat security pada smartphone terbaru mereka ini dengan mengunci bootloader yang mana hal ini membawa keuntungan tersendiri bagi pemakainya, disisi lain juga membawa dampak yang bisa jadi sangat buruk bagi sebagian orang.

Apa itu bootloader? Penting kah bootloader itu?

Jadi, bootloader itu dipakai untuk melakukan booting suatu sistem operasi (termasuk Android). Bootloader ini berperan menjembatani dan menghubungkan sistem operasi dengan kernel.

Penting tidaknya ya bootloader ini sangat penting karena jika tidak ada bootloader atau bootloader nya corrupt maka device yang bersangkutan tidak akan bisa menyala alias gagal booting.

Apa dampak locked bootloader terhadap smartphone Xiaomi?

Dulu hanya smartphone buatan Sony yang memiliki proteksi semacam ini. Tentunya, locked bootloader bermanfaat untuk membatasi pengguna dalam mengakses smartphone tersebut, tidak hanya sekedar mengoperasikan namun juga akses ke dalam sistem sampai dengan kernel menjadi dibatasi.

Beberapa sumber mengatakan Xiaomi membuat kebijakan locked bootloader ini untuk mengantisipasi dan melindungi data pengguna akibat kerusakan yang tidak disengaja.

Selain itu juga dengan unlock bootloader pengguna bisa melakukan flashing sesuka mereka, sehingga jika pemilik kehilangan smartphone tersebut maka orang lain dapat dengan mudah merubah ROM smartphone itu dan akhirnya smartphone tersebut hilang tidak akan pernah ditemukan.

Locked bootloader pada Xiaomi bisa untuk memastikan apakah smartphone Xiaomi Anda asli atau fake.

Dampak locked bootloader pada smartphone Xiaomi:
  • Tidak bisa melakukan rooting
  • Tidak bisa melakukan flashing ROM (termasuk fastboot ROM)
  • Recovery Mode berubah, fungsinya menjadi akses ke ADB
  • Tidak bisa install custom recovery
Lupa pola lockscreen di smartphone Xiaomi? Gampang. Baca artikel Cara Buka Kunci Xiaomi Lupa Pola Dan Password Ampuh untuk menemukan solusinya

Lantas apa solusi agar kita bisa mendapatkan kembali akses bootloader yang terkunci itu?

Tak perlu khawatir. Bootloader Xiaomi bisa kita unlock dengan mengikuti prosedur berikut ini.

Cara Unlock Bootloader Semua Xiaomi Terbaru Dengan Mudah

Cara ini aman dan bisa dipastikan berhasil karena proses unlocking ini merupakan prosedur dari pihak official Xiaomi.

Yang jelas, pastikan smartphone Android Anda dalam keadaan normal, baterai terisi penuh dan dukungan perangkat juga memadai seperti kabel data asli yang normal.

Pastikan Anda telah melakukan backup aplikasi, SMS, kontak, data-data dan file pribadi yang ada di memori internal dan lain-lain karena smartphone Android Anda akan kembali seperti baru.

Dalam tutorial ini saya memakai Xiaomi Poco X3 Pro.
  • Pertama-tama pastikan kamu sudah login Mi Account. Tanpa login Mi Account, kamu tidak akan bisa melakukan unlock bootloader. Login Mi Account bisa kamu lakukan dari halaman Settings lalu cari menu Account
  • Aktifkan menu Developer Options dengan cara buka aplikasi Settings, pilih About Phone, tekan baris MIUI Version (For POCO) berkali-kali sampai muncul pesan toast bahwa Developer Options sudah aktif
  • Buka menu Developer Options yang berada di menu Additional Settings
  • Centang / aktifkan menu OEM Unlocking
  • Buka menu Mi Unlock Status, kemudian klik tombol Add account and device. Pastikan setelah itu muncul pesan toast bahwa akun dan device berhasil ditambahkan

Setelah menyelesaikan proses ini, pada umumnya kamu harus menunggu selama 168 jam alias 7 hari lamanya. Hal ini merupakan kebijakan baru yang dikeluarkan oleh Xiaomi, tidak sama seperti proses unlock bootloader ponsel Xiaomi dahulu yang dalam hitungan menit atau jam sudah bisa diproses. Apabila kamu tetap memaksa melakukan unlock bootloader, maka pada saat proses unlocking akan muncul pesan sebagai berikut :


Apabila kamu sudah melewati fase penantian selama 7 hari, lanjut ke tahap berikutnya.
  • Unduh Mi Flash Unlock Tool v5.5.224.24 yang akan dipakai untuk proses unlock bootloader Xiaomi
  • Ekstrak tools tersebut ke dalam komputer / laptop Anda
  • Masuk ke Bootloader Mode (Fastboot Mode), caranya matikan smartphone Anda kemudian tekan tombol power dan tombol volume bawah secara bersamaan sampai muncul maskot MIUI diikuti tulisan fastboot dibawahnya. Setelah itu sambung ponsel ke komputer / laptop menggunakan kabel data USB original
  • Jalankan batch_unlock.exe dari hasil ekstrakan tadi
  • Klik tombol Sign In yang berada di sebelah pojok kiri bawah kemudian login menggunakan Mi Account milikmu
  • Tekan tombol refresh di sebelah bawah tool apabila ponsel belum terdeteksi
  • Tekan tombol unlock di sebelah bawah tool untuk memulai proses unlock bootloader
  • Setelah proses unlock bootloader selesai, ponsel akan langsung restart dan di daftar list Mi Unlock Tool akan hilang dengan sendirinya

Cara memeriksa apakah Xiaomi sudah di unlock bootloader atau belum

Jika Anda baru saja melakukan unlocking atau Anda baru saja memiliki smartphone Xiaomi diatas dalam keadaan second, Anda bisa memeriksa status bootlader dengan cara berikut:
  • Masuk ke Bootloader Mode / Fastboot Mode seperti pada langkah sebelumnya
  • Sambungkan smartphone Xiaomi Anda ke komputer / laptop menggunakan kabel data asli
  • Masuk ke hasil ekstrakan Mi Flash Unlock tadi
  • Pastikan ada file fastboot.exe disana
  • Tekan tombol Shift dan tombol klik kanan, pilih Open command window here
  • Ketik perintah berikut kemudian enter
fastboot oem device-info
Cara Unlock Bootloader Semua Xiaomi Terbaru Dengan Mudah
Pada baris (bootloader) Device unlocked tertulis true, artinya device tersebut sudah berhasil di unlock.

Troubleshoot unlock bootloader Xiaomi (Tutorial Lama)

Sempat pada saat saya melakukan unlock bootloader Xiaomi Redmi Note 3 PRO keluaran lama muncul sebuah error seperti ini :

Cara Unlock Bootloader Semua Xiaomi Terbaru Dengan Mudah
Error Couldn’t verify device merupakan bug yang sudah dikonfirmasi oleh pihak official Xiaomi. Penyebabnya karena Xiaomi Redmi Note 3 PRO yang saya unlock tidak menggunakan ROM Developer China.

Padahal, di thread tutorial unlocking official ini (http://en.miui.com/thread-202290-1-1.html) tertulis:

If you’re using Redmi Note 3 Qualcomm version or Mi 5, you can unlock on MIUI Global Stable ROM, click here to download
Note: Redmi Note 3 dibekali prosesor MediaTek sedangkan Redmi Note 3 PRO (16GB dan 32GB) memakai prosesor Qualcomm Snapdragon.

Solusinya, gunakan ROM Fastboot China versi Developer (unduh disini).

Error "Current account is not bound to this device"

MiFlash Unlock kini telah diperbaharui oleh pihak pengembang software Xiaomi, hingga terakhir kali artikel ini di update telah memasuki versi 2.3.803.10. Lantas apa bedanya?

Bagi Anda yang ingin melakukan unlock bootloader, sekarang diharuskan menggunakan ROM keluaran terbaru sesuai tipe smartphone masing-masing karena salah satu syarat untuk unlocking terbaru yaitu pengguna harus mengaitkan akun MIUI nya ke device yang bersangkutan melalui menu Mi Unlock status yang terdapat di dalam Developer options.

Pengguna dengan versi ROM lama tidak akan bisa melakukan unlocking karena versi ROM lama tidak memiliki opsi Mi Unlock status di dalam Developer options.

Bagaimana kalau kita menggunakan MiFlash Unlock seri lama yang tidak mengharuskan pengguna mengaitkan akun dengan device yang bersangkutan? Sepertinya tidak bisa, karena ketika proses unlocking berlangsung nanti akan muncul error dimana dalam keterangannya tertulis Anda diharuskan mengunduh MiFlash Unlock seri terbaru.

Cara Unlock Bootloader Semua Xiaomi Terbaru Dengan Mudah

Jika Anda mengalami error "Current account is not bound to this device" ketika melakukan unlocking, jangan khawatir karena itu merupakan fitur terbaru yang diberikan oleh Xiaomi. Anda hanya perlu melakukan prosedur yang telah diberikan yakni mengaitkan akun MIUI nya ke device yang bersangkutan melalui menu Mi Unlock status yang terdapat di dalam Developer options.

Caranya, buka Settings < Additional settings < Developers options < Mi Unlock status / Enable OEM Unlock / OEM Unlocking kemudian tekan tombol Add account and device.

Tambahan: Error "Current account is not bound to this device" biasanya diikuti dengan keterangan "In the "Settings -> developer options -> Mi unlock states" binding account and equipment" atau "Add your account and device in MIUI's Settings > Developer options > Mi Unlock status".

Cara Unlock Bootloader Semua Xiaomi Terbaru Dengan Mudah

Semoga bermanfaat.

Ingin menikmati fitur premium suatu aplikasi Android tapi gak punya duit untuk beli? Gampang, baca artikel Cara Membuat Aplikasi Android Menjadi Premium Secara Gratis Terbaru
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar