Type something and hit enter

By On
Memindah Aplikasi Android ke Memori Eksternal Dengan Link2SD

Memindah Aplikasi Android ke Memori Eksternal Dengan Link2SD - Sebuah smartphone Android keluaran terbaru rata-rata dibekali dengan spesifikasi yang cukup mewah dibanding smartphone Android keluaran terdahulu.

Katakanlah saat ini sebuah Android umumnya dilengkapi dengan spesifikasi minimum CPU quad-core, RAM 1GB dan memori internal 8GB. Hal ini sangat jauh berbeda dengan Android rilisan 2011, lebih dari 10 kali lipat peningkatannya untuk Android keluaran terbaru.

Biasanya memori internal 8GB tidak sepenuhnya bisa dimanfaatkan, mungkin hanya 6GB yang bisa dipakai oleh pengguna karena sebagian besar digunakan untuk menyimpan sistem atau ROM.

Sisa memori internal yang hanya 6GB tersebut bisa dipakai seluruhnya mulai dari untuk menyimpan foto, video, musik, file, ataupun aplikasi.

Jika kapasitas sebanyak itu dirasa kurang oleh pengguna, cara mengatasinya yang paling gampang yakni dengan mengosongkan memori internal.

Bagaimana cara mengosongkan memori internal Android?

Cara mudah mengosongkan memori internal yang ada di Android, pastikan Anda tidak meletakkan file-file pribadi seperti foto atau file lain di memori internal. Manfaatkan memori eksternal Anda untuk keperluan itu (jika tersedia). Manfaatkan pula flashdisk dual drive yang saat ini banyak tersedia di pasaran untuk menyimpan file-file besar.

Selain itu, periksa secara berkala cache aplikasi yang menumpuk di memori internal. Cache atau temporary file dapat dengan mudah menumpuk karena penggunaan aplikasi. Jika Anda memiliki banyak aplikasi yang ter-install, katakanlah 30 aplikasi maka dalam sehari jika seluruh apps tersebut dipakai secara rutin bisa-bisa ratusan megabyte cache menumpuk tanpa disadari.

Cara mengosongkan memori internal Android yang lain, pindah seluruh aplikasi Android pihak ketiga ke memori eksternal.

Bagaimana cara memindah aplikasi Android ke memori eksternal?

Langkah paling tepat memindah aplikasi Android ke memori eksternal yaitu dengan install Link2SD.

Link2SD (tersedia versi free dan PRO) merupakan aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti menghapus aplikasi system atau bloatware, meng-convert aplikasi third party menjadi aplikasi system, dan yang paling penting me-linking data-data aplikasi pihak ketiga seperti APK, library dan cache ke memori eksternal dengan memanfaatkan partisi kedua (partisi EXT) memori eksternal tersebut.

Requirements:
  • Sebelum memulai tutorial ini, pastikan perangkat Android Anda sudah memiliki hak akses root
  • Persiapkan sebuah memori eksternal yang memiliki kualitas baik seperti SanDisk Ultra class 10, paling tidak 8GB. Hal ini semata-mata supaya performa Android Anda tetap terjaga karena aplikasi yang di-move akan bertumpu di memori eksternal

Step by step memindah aplikasi Android ke memori SDCard:
  • Pertama kali yang harus dilakukan pengguna sebelum memindah aplikasi android ke SDCard, lakukan partisi memori eksternal. Untuk tutorial cara mempartisi memori eksternal Android sudah banyak beredar di internet, salah satunya buka tautan berikut ini: Cara Partisi Memori SDCard Android
  • Setelah selesai melakukan pemartisian, masukkan memori SDCard ke smartphone. Pastikan memori Anda terbaca sebagaimana mestinya
  • Unduh Link2SD dari Google Play Store, kemudian jalankan
  • Pada saat pertama kali Anda membuka Link2SD, akan muncul sebuah pesan dialog seperti ini:
Memindah Aplikasi Android ke Memori Eksternal Dengan Link2SD
  • Pilih sesuai jenis sistem partisi kedua yang Anda buat, kemudian tekan tombol OK
  • Jika berhasil, muncul sebuah dialog lagi “Restart your phone – Mount script created, please restart your phone to mount the second partition” yang berarti Anda diharuskan me-restart smartphone tersebut agar partisi kedua ter-mounting
  • Restart perangkat Android Anda, kemudian jalankan lagi aplikasi Link2SD ini
Setelah melakukan langkah-langkah diatas, agar aplikasi berpindah dari memori internal Android ke memori eksternal, cukup lakukan linking aplikasi dengan memilih aplikasi mana yang ingin dipindah, kemudian tekan beberapa saat apps tersebut  lalu pilih Create Link, centang semua opsi yang tersedia kemudian pilih OK.

Mudah kok. Selamat mencoba.