--> Skip to main content

Cara Flash ROM Global Redmi Note 3 PRO Lengkap

Cara Flash ROM Global Redmi Note 3 PRO Lengkap


Cara Flash ROM Global Redmi Note 3 PRO Lengkap - Seperti yang kita ketahui, dulu pada saat Xiaomi melakukan penjualan resmi secara global termasuk di Indonesia yang biasa kita kenal dengan sebutan Flash Sale, bisa dipastikan pembeli mendapatkan barang asli original dan bergaransi resmi dari pihak vendor.

Lambat laun seiring meningkatnya kebutuhan pasar, produk terkait semakin lama semakin sulit dicari. Penjualan secara Flash Sale berlangsung amat sangat cepat, hanya beberapa menit setelah pembelian dibuka barang tersebut ludes terbeli puluhan ribu unit.

Dulu saya pemakai Redmi 1S. Saya juga pemakai Redmi Note 3G. Saya membelinya beberapa detik setelah jam laptop saya menunjukkan tepat pukul 11.00 WIB. Saya mendapatkan barang tersebut beberapa hari setelahnya. Hanya saja teman saya yang lain gagal melakukan transaksi pada Flash Sale pertama itu karena ia telat dua menit.
Disini peran distributor sangat dibutuhkan demi mencukupi kebutuhan pengguna yang menginginkan smartphone Android murah meriah yang sedang menjadi trend tersebut.

Kebutuhan pasar yang tinggi menjadi peluang tersendiri bagi pihak distributor. Mereka dapat memperoleh keuntungan yang sangat besar dengan mendatangkan smartphone-smartphone itu ke tanah air.

Tidak sampai disitu. Mereka juga bekerja sama dengan pihak-pihak tertentu seperti penyedia layanan browser, layanan manajemen smartphone, internet provider dan lain-lain yang menjadikannya sebuah bloatware bagi smartphone terkait.

Cara-cara tersebut tidak lah curang. Itu merupakan kebijakan distributor. Tidak ada yang dirugikan dan diuntungkan. Disatu sisi pembeli mendapatkan smartphone incarannya meski dengan harga yang sedikit tinggi (permainan pasar oleh pengecer), disisi lain pihak distributor mendapat keuntungan yang banyak sekali dari proses pendistribusian ini.

Baik, rata-rata smartphone Xiaomi dari distributor termasuk Redmi Note 3 PRO alias si Kenzo yang saat ini saya pakai dibekali dengan ROM distributor. ROM distributor bukan merupakan ROM asli. Bahkan versi ROM tersebut tidak terdaftar secara resmi oleh Xiaomi, terlihat jelas dari versi MIUI nya di Settings < About.

Meski demikian bukan berarti smartphone Xiaomi yang Anda beli bajakan atau fake a.k.a palsu. Anda hanya perlu menggantinya dengan ROM original bisa versi China Stable atau Developer, bisa juga Global Stable atau pun Global Developer.

Berikut tutorial untuk mengganti ROM distributor Redmi Note 3 PRO dengan ROM Global Developer (yap, saya menginginkan versi Global Developer).

Bagi kamu yang ingin memaksimalkan Redmi Note 3 PRO kamu, melakukan rooting, install custom recovery (TWRP), install mod dan lain-lain, lakukan unlock bootloader terlebih dahulu agar sistem bisa Anda rubah dengan leluasa. Untuk tutorialnya, baca Cara Unlock Bootloader Xiaomi Dengan Mudah

Cara Flash ROM Global Redmi Note 3 PRO Lengkap

Sebelum melakukan flashing, hal-hal yang perlu diperhatikan agar proses berjalan dengan semestinya dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan antara lain:
  • Tutorial ini tidak untuk pemula banget (masih awam soal Android dan cara umum flashing ROM Android)
  • Tutorial ini bisa untuk Redmi Note 3 PRO yang masih locked bootloader ataupun sudah unlock bootloader
  • Pastikan baterai Xiaomi Redmi Note 3 PRO Anda penuh atau bila terpaksa jangan sampai dibawah 70%. Karena apa? Untuk berjaga-jaga saja. Siapa tahu Anda salah download ROM Redmi Note 3 MediaTek dan terlanjur di flash atau apa lah (hanya perumpama’an). Apa bila benar-benar terjadi bisa fatal. Redmi Note 3 PRO mati suri, tidak bisa di charge dan lain-lain
  • Pastikan Anda sudah mem-backup data-data storage dan aplikasi atau apapun yang ada di memori internal Android karena semuanya akan dihapus. Cara backup nya sangat mudah. Masuk ke Settings < Additional settings < Backup & reset < Local backups kemudian tekan tombol Back up
  • Aktifkan USB Debugging, caranya masuk ke Settings < About kemudian tap sebanyak tujuh kali MIUI version, setelah itu tekan tombol back cari Additional settings lalu geser kebawah pilih Developer options, centang USB debugging
  • Pastikan Anda memakai Windows versi 64-bit (saya memakai Windows 10). Alasannya apa? Karena tools yang akan dipakai untuk flash ROM Global Redmi Note 3 PRO hanya support di Windows versi 64-bit. Beberapa orang yang mencoba di Windows versi 32-bit mengalami gagal flashing dan smartphone Android nya bootloop

Langkah-langkah cara flash ROM Global Redmi Note 3 PRO:
  • Unduh Mi Flash Tool disini kemudian install di komputer / laptop Anda
  • Unduh ADB – 64bit disini kemudian ekstrak di komputer / laptop Anda, didalamnya ada file ADB dan Fastboot untuk checking device nanti
  • Unduh ROM Fastboot Redmi Note 3 PRO disini, namanya “Redmi Note 3 Qualcomm Latest Global (Developer / Stable) Version Fastboot File Download” (saya pakai Developer Version. Anda pilih yang mana terserah. Yang jelas unduh yang Redmi Note 3 Qualcomm)
Cara Flash ROM Global Redmi Note 3 PRO Lengkap
  • Saya mendapati file diatas berekstensi .gzip
  • Next, rename file tersebut menjadi .zip
  • Didalamnya akan ada file berekstensi .gzip lagi dengan nama yang sama misal “kenzo_global_images_6.5.19_20160509.0000.21_5.1_global_bdfcfdacd2.gzip
Cara Flash ROM Global Redmi Note 3 PRO Lengkap
  • Ekstrak file diatas kedalam komputer / laptop Anda, kemudian rename lagi menjadi .zip sehingga Anda mendapati folder seperti ini didalamnya kemudian ekstrak folder tersebut
Cara Flash ROM Global Redmi Note 3 PRO Lengkap
  • Kira-kira seperti ini isi folder “kenzo_global_images_6.5.19_20160509.0000.21_5.1_global
Cara Flash ROM Global Redmi Note 3 PRO Lengkap
  • Dalam keadaan menyala, sambungkan Redmi Note 3 PRO dengan komputer / laptop menggunakan kabel data
  • Buka Device Manager (pada Windows 10 klik kanan logo Windows di pojok kiri bawah, pilih Device Manager)
  • Pastikan driver ADB terbaca (Android Composite ADB Interface)
  • Bila tidak, unduh Mi PC Suite disini kemudian install lalu pasang kembali Redmi Note 3 PRO dengan komputer / laptop menggunakan kabel data
Cara Flash ROM Global Redmi Note 3 PRO Lengkap
  • Buka folder ADB 64bit yang sudah di ekstrak tadi
  • Tekan tombol Shift + klik kanan lalu pilih Open command window here
  • Ketikkan command “adb devices” (tanpa tanda petik)
Cara Flash ROM Global Redmi Note 3 PRO Lengkap
  • Perhatikan gambar diatas, jika muncul nama device dengan status “unauthorized”, nyalakan Redmi Note 3 PRO Anda, pilih OK jika muncul dialog konfirmasi Allow USB debugging
Cara Flash ROM Global Redmi Note 3 PRO Lengkap
  • Ulangi command diatas sehingga statusnya terdeteksi menjadi “device”
Cara Flash ROM Global Redmi Note 3 PRO Lengkap
  • Saatnya masuk ke proses flashing, ketik command “adb reboot edl” untuk masuk ke Bootloader Mode
Cara Flash ROM Global Redmi Note 3 PRO Lengkap
  • Redmi Note 3 PRO akan mati seketika di ikuti lampu led yang berkedip-kedip warna merah
  • Buka Mi Flash Tool
  • Tekan tombol Browse di pojok kiri atas
  • Arahkan ke folder hasil ekstrakan ROM Fastboot Redmi Note 3 PRO (kenzo_global_images_6.5.19_20160509.0000.21_5.1_global)
Cara Flash ROM Global Redmi Note 3 PRO Lengkap
  • Tekan tombol refresh jika Redmi Note 3 PRO belum terdeteksi seperti ini
Cara Flash ROM Global Redmi Note 3 PRO Lengkap
  • Pilih opsi “Flash all” di menu radio bagian bawah
  • Persiapkan mental Anda
  • Tekan tombol Flash bila Anda sudah siap
  • Tunggu beberapa saat sampai proses flashing ROM Global Redmi Note 3 PRO selesai
  • Biasanya yang paling lama pada saat proses flashing system.img karena file nya lebih dari 2GB
Cara Flash ROM Global Redmi Note 3 PRO Lengkap
  • Setelah 375 detik (enam menit lebih lima belas detik) proses flashing yang saya lakukan selesai
Cara Flash ROM Global Redmi Note 3 PRO Lengkap
Langkah terakhir setelah proses flashing ini selesai, cabut kabel data dari komputer / laptop kemudian nyalakan Redmi Note 3 PRO Anda, tunggu beberapa menit sampai booting pertama selesai, Masuk ke Settings < Additional settings < Backup & reset < Local backups kemudian pilih backupan Anda, tekan tombol Restore.

Mudah bukan?

Begitulah cara flash ROM Global Redmi Note 3 PRO secara umum untuk mengganti ROM distributor yang terkenal banyak bloatware nya dengan ROM MIUI asli dari Xiaomi.

Selain untuk merubah ROM distributor dengan ROM Redmi Note 3 PRO asli, cara flash ROM Global Redmi Note 3 PRO ini juga bisa untuk memperbaiki bootloop atau brick.

Jika ada yang ingin Anda tanyakan silahkan isi kolom komentar dibawah.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar