--> Skip to main content

Cara Install Android 8.0 Oreo di Redmi Note 3 Terbaru

Cara Install Android 8.0 Oreo di Redmi Note 3 Terbaru

Cara Install Android 8.0 Oreo di Redmi Note 3 Terbaru - Bagi Anda pengguna Redmi Note 3 Snapdragon (PRO/Kenzo/Kate), sekarang Anda sudah bisa melakukan update ke Android 8.0 Oreo yang baru rilis beberapa waktu lalu dengan menggunakan ROM AOSP.

Seperti yang kita ketahui bahwa Google baru merilis update Android 8.0 Oreo official ini ke beberapa device flagship mereka saja seperti Google Pixel dan Nexus. Meski demikian, Google rupanya juga merilis source code Android Oreo ini untuk umum. Source code tersebut bisa dimanfaatkan para developer untuk membangun sebuah ROM unofficial berbasis Android 8.0 yang bisa diaplikasikan ke berbagai macam device Android dan kabar baiknya ROM AOSP untuk Redmi Note 3 Snapdragon sendiri saat ini sudah rilis dan bisa di unduh oleh siapapun yang menginginkannya.

ROM AOSP merupakan ROM berbasis Android Open Source Project. AOSP merujuk pada ROM asli yang belum dimodifikasi sama sekali dari source code Android yang dirilis Google
Redmi Note 3 Snapdragon yang notabene menggunakan ROM MIUI buatan Xiaomi saat ini belum mendapatkan Android 8.0 Oreo official karena Xiaomi sendiri tengah fokus mengembangkan dan mendistribusikan MIUI 9 berbasis Android 7.0 Nougat ke seluruh device Android mereka. Mungkin hanya flagship terbaru mereka saja yang akan memperoleh update Android Oreo ini secepatnya.

Dari berbagai sumber mengatakan bahwa kemungkinan Xiaomi akan merilis Android 8.0 untuk device terbaru mereka paling cepat awal tahun 2018 mendatang. Untuk device yang akan memperoleh update ini juga masih simpang siur, bahkan disinyalir Redmi Note 3 tidak akan mendapatkan update tersebut karena beberapa alasan.

Tapi siapa tahu. Kita tunggu saja nanti.

Cara Install Android 8.0 Oreo AOSP ROM di Redmi Note 3 Terbaru

ROM AOSP untuk Redmi Note 3 Snapdragon ini dirilis pertama kali pada tanggal 29 Agustus lalu oleh jhenrique09, seorang member XDA Developers senior yang telah cukup lama berkecimpung di forum tersebut.

ROM ini cukup stabil digunakan untuk keperluan sehari-hari. Meski demikian, masih ada beberapa bugs yang menjadi pusat perhatian diantaranya fitur hotspot, USB tethering dan VoLTE. Beruntung fitur-fitur utama seperti wifi, speaker, internet dan kamera semuanya berjalan dengan lancar.

Selain itu ROM ini juga telah dilengkapi dengan Google Apps, jadi Anda tak perlu khawatir untuk urusan yang satu ini.

Bagi Anda yang ingin mencoba pengalaman baru memakai Android Oreo di Redmi Note 3 Snapdragon, Anda bisa mengikuti tutorial berikut ini.

ROM berikut masih dalam tahap pengembangan dimana statusnya saat ini masih beta. Ada berbagai macam minor bugs yang belum semuanya diketahui sehingga jika suatu ketika Anda mencoba ROM AOSP ini menemui kendala, itu merupakan hal yang lumrah.

Pihak developer masih berusaha keras untuk membuat ROM ini bisa berjalan baik di Redmi Note 3 Snapdragon. Meski begitu, kabar baiknya Anda bisa mencicipi sensasi memakai Android Oreo terbaru di Redmi Note 3 Snapdragon ini dengan semua fitur Android 8.0 yang ada sekarang juga.

Catatan:
  • ROM ini hanya bisa dipakai di Redmi Note 3 seri Snapdragon (baik itu Kenzo ataupun Kate). Jangan sekali-kali Anda mencoba di seri smartphone lain selain itu
  • ROM ini merupakan ROM berbasis Android Oreo initial build (paling awal) yang mungkin mengandung banyak bugs. Dari berbagai faktor seperti fitur dan performa, ROM ini masih jauh dari kata sempurna
  • Segala bentuk kerugian seperti kehilangan data, smartphone brick atau bootloop dan lain-lain menjadi tanggung jawab Anda sendiri. Diharapkan Anda melakukan backup terlebih dahulu sebelum memulai proses berikut ini untuk berjaga-jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan
  • Pastikan baterai smartphone Anda diatas 60% untuk menghindari terjadinya kesalahan yang tidak diharapkan (misal smartphone mati dengan sendirinya)
Persyaratan:
  • Pastikan Redmi Note 3 Snapdragon Anda sudah memiliki custom recovery misal TWRP Recovery
  • Unduh file ROM AOSP disini
Tutorial:
  • Setelah Anda memenuhi persyaratan diatas, pindah file ROM AOSP berekstensi zip ke memori eksternal smartphone
  • Masuk ke recovery mode. Caranya, dalam keadaan Redmi Note 3 mati, tekan tombol power dan volume bawah secara bersama-sama
Cara Install Android 8.0 Oreo di Redmi Note 3 Terbaru
Tampilan TWRP Recovery di Redmi Note 3 Snapdragon
  • Pilih menu Wipe, kemudian lakukan factory reset dengan menggeser tombol yang berada dibawah layar smartphone
  • Setelah berhasil, kembali ke menu utama TWRP kemudian pilih menu Install
  • Cari dimana Anda meletakkan file ROM AOSP zip yang sudah Anda pindah sebelumnya
  • Jika sudah ketemu, pilih file ROM tersebut kemudian geser tombol konfirmasi flash untuk memulai flashing ROM
  • Proses flashing akan berjalan beberapa menit (tergantung seberapa besar ukuran ROM yang di flash. Semakin besar ukurannya, semakin lama pula proses flashing nya)
  • Jika berhasil, Anda akan melihat halaman proses flashing telah selesai diikuti opsi Wipe Cache/Dalvik. Lakukan proses tersebut untuk tahap penyelesaian flashing
  • Terakhir, reboot Redmi Note 3 Anda
Begitulah tutorial lengkap cara install Android 8.0 Oreo di Redmi Note 3 Snapdragon.

Semoga bermanfaat.

*Untuk mengikuti perkembangan ROM AOSP Redmi Note 3 PRO, buka tautan berikut ini:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar