--> Skip to main content

Cara Unlock Bootloader Mi 4C Tanpa Menunggu Verifikasi

Cara Unlock Bootloader Mi 4C Tanpa Menunggu Verifikasi

Cara Unlock Bootloader Mi 4C Tanpa Menunggu Verifikasi - Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang ini Xiaomi telah menaikkan tingkat keamanan pada smartphone keluaran terbaru mereka salah satunya Mi 4C dengan mengunci bootloader. Artinya, pengguna tidak bisa dengan seenaknya memodifikasi system Android seperti flashing, rooting, modding, pasang custom recovery TWRP dan sebagainya karena tidak memiliki akses.

Meski demikian bukan berarti pengguna tidak bisa mengeksplorasi smartphone mereka. Pihak Xiaomi memiliki cara tersendiri agar bootloader smartphone-smartphone tersebut bisa dibuka yaitu dengan meminta request unlock bootloader dengan prosedur yang sudah ditetapkan.

Cara tersebut sangatlah simple dipraktekkan dan juga aman. Langkahnya hanya melakukan registrasi di http://en.miui.com/unlock/ kemudian unduh tools unlocker nya lalu dalam sekali klik smartphone Xiaomi Anda sudah hilang lock nya (selengkapnya baca Cara Unlock Bootloader Semua Xiaomi Terbaru Dengan Mudah). Gampang? Sangat gampang. Saya pun menggunakan cara tersebut di Redmi Note 3 PRO andalan ini.

Masalahnya, yang membuat sebagian orang enggan memakai cara diatas yakni setelah melakukan registrasi, pengguna diharuskan menunggu selama kurang lebih sepuluh hari untuk proses verifikasi oleh pihak Xiaomi. Sepuluh hari tersebut merupakan penentuan apakah smartphone Anda lolos dan bisa melakukan unlocking atau tidak. Kalau tidak lolos verifikasi? Yaa mungkin pihak Xiaomi terlalu sayang dengan Anda.

Baik, kali ini khusus Xiaomi Mi 4C ada cara lain yang bisa dicoba untuk unlock bootloader tanpa menunggu verifikasi dari Xiaomi yang memakan waktu lama itu. Idenya dengan melakukan downgrade ke firmware versi 6.1.7 lalu kita pakai fitur fastboot untuk melakukan unlocking.

Kenapa harus pakai firmware versi 6.1.7? Entahlah, tidak ada alasan khusus yang melatar belakangi pemakaian firmware jadul tersebut. Tutorial ini digagas oleh jashuva, seorang member di forum official MIUI dan banyak orang yang sudah mencoba trik nya (termasuk saya sendiri) dan berhasil tanpa error apapun.

Cara Unlock Bootloader Mi 4C Tanpa Menunggu Verifikasi

Cara unlock bootloader Mi 4C tanpa menunggu verifikasi ini membutuhkan beberapa file berikut:
  • Image file 6.1.7 - unduh lalu ekstrak ke komputer atau laptop Anda (rename ekstensi file tersebut menjadi ZIP kemudian ekstrak, rename ekstensi file ekstrakan tersebut menjadi ZIP lagi hingga muncul sebuah folder kemudian ekstrak)
  • ADB file - unduh lalu ekstrak ke komputer atau laptop Anda
Cara unlock bootloader Mi 4C ini proses pertamanya sama dengan langkah-langkah flashing Mi 4C yang pernah saya share sebelumnya (buka Cara Flash ROM Resmi Mi 4C Dari ROM Distributor Locked Bootloader Lengkap), hanya saja file firmware nya berbeda. Baca tutorial flashing tersebut, ikuti step by step nya sampai akhir namun dengan memakai firmware 6.1.7 diatas.

Karena kita akan melakukan downgrading, untuk menghindari crash atau error lebih baik kita lakukan fresh install. Semua data yang ada di smartphone baik data aplikasi atau storage (foto, lagu, video, dokumen dan lain-lain) akan hilang. Jadi, segera pindahkan data-data tersebut ke tempat lain untuk sementara waktu.
Cara Unlock Bootloader Mi 4C Tanpa Menunggu Verifikasi
Tampilan Mi 4C siap di flash memakai Mi Flash Tools dengan firmware 6.1.7

Jangan lupa pilih option Flash all di menu sebelah bawah pada proses flashing ini.

Cara Unlock Bootloader Mi 4C Tanpa Menunggu Verifikasi
Proses flashing Xiaomi Mi 4C dengan firmware 6.1.7 tengah berjalan

Setelah proses flashing firmware 6.1.7 ini selesai, Mi 4C akan reboot secara otomatis. Biarkan smartphone ini menyala sampai proses booting selesai. Tunggu beberapa saat sampai masuk ke system.

Cara Unlock Bootloader Mi 4C Tanpa Menunggu Verifikasi
Proses flashing Xiaomi Mi 4C dengan firmware 6.1.7 telah selesai dengan waktu kurang dari 3 menit

Sesaat setelah Mi 4C menyala dan masuk ke system, matikan dengan menekan tombol power kemudian masuk ke fastboot mode. Caranya, dalam keadaan smartphone mati tekan tombol power dan volume bawah hingga muncul tulisan fastboot di layar.

Masuk ke folder ADB yang sudah Anda ekstrak kemudian tekan tombol shift dan klik kanan lalu pilih menu Open command window here untuk membuka CMD.

Masukkan perintah fastboot oem unlock seperti berikut.

Cara Unlock Bootloader Mi 4C Tanpa Menunggu Verifikasi

Jika keluar pesan OKAY diikuti Finished maka proses unlock bootloader Mi 4C yang Anda lakukan diatas berhasil.

Hanya itu saja step by step nya. Simple bukan?

Sekarang terserah Anda jika ingin memasang custom recovery lalu install custom ROM atau Anda ingin melakukan rooting Mi 4C yang sudah Anda unlock tersebut.

Jika ada hal yang kurang jelas atau ada yang ingin Anda tanyakan, tinggalkan comment dibawah ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar