Type something and hit enter

By On
Xiaomi Mi A1 Racikan Google Resmi Rilis! Berikut Harganya

Xiaomi Mi A1 Racikan Google Resmi Rilis! Berikut Harganya - Kembali ke tahun 2014 ketika Google berinisiatif meluncurkan smartphone Android murah untuk kalangan menengah kebawah dengan target per unit dihargai satu jutaan saja dengan jaminan mendapat pembaharuan OS terbaru secara berkala dalam rentang waktu yang telah ditentukan yang diberi nama Android One.

Hal itu terlihat menggiurkan karena hampir tidak ada satu smartphone Android pun saat itu dengan harga terjangkau yang memperoleh pembaharuan sistem secara rutin. Mungkin hanya smartphone-smartphone high end alias flagship yang secara berkala menerima update terbaru dari vendor.

Sayang, kiprah Android One itu hanya berlangsung sesaat. Banyak media mengatakan bahwa Android One kala itu salah eksekusi. Alasannya pun beragam, salah satunya karena kurangnya promosi yang dilakukan. Banyak orang yang sampai saat ini pun tidak tahu apa itu Android One. Apakah suatu merk smartphone Android baru atau hanya salah satu start up yang berusaha eksis dan hilang ditelan bumi. Entahlah.

Mungkin dari pengalaman tersebut Google belajar bahwa ada baiknya mereka merubah target dan meningkatkan kualitas dari Android One sebelumnya. Dari sini ia berhasil menelurkan satu smartphone Android One lagi yakni Xiaomi Mi A1, smartphone garapan Xiaomi racikan Google yang diawal rilis nya langsung menjadi sorotan publik.

Xiaomi Mi A1 Racikan Google Resmi Rilis! Berikut Harganya

Ya, benar. Android One generasi terbaru kali ini mungkin tidak lagi ditujukan untuk kalangan dengan budget terbatas. Jangan harap smartphone gahar yang dibekali dengan segudang fitur ini bisa kalian bawa pulang dengan dana satu juta saja.

Tidak seperti pada batch pertama, Google membuat Android One terbaru ini dengan target per unit dihargai kurang dari dua ratus lima puluh dollar atau katakanlah tiga juta rupiah. Tentu hal tersebut telah disesuaikan dengan perkembangan yang ada saat ini.

Apa yang bakal kamu dapat di Android One terbaru ini? Tentunya tak main-main seperti Android One sebelumnya. Xiaomi Mi A1 yang dilengkapi dengan layar Full HD ukuran 5.5 inch ini ditenagai prosesor octa-core Snapdragon 625 dipadu dengan chip grafis Adreno 506. Di sektor penyimpanan terdapat memori internal mencapai 64GB dan RAM 4GB. Untuk kapasitas baterainya mencapai 3080 mAh, digadang-gadang tetap akan irit dipakai untuk aktifitas sehari-hari mengingat smartphone ini menggunakan prosesor dengan teknologi terbaru yang hemat akan penggunaan daya.

Xiaomi Mi A1 hadir dengan Android 7.12 Nougat. Tenang saja, kedepannya smartphone ini pasti mendapat update resmi baik itu minor ataupun mayor. Dikabarkan Mi A1 akan mendapat update Android Oreo terbaru pada akhir tahun ini. Nantinya Xiaomi Mi A1 juga akan memperoleh versi Android selanjutnya seperti Android P yang sebutannya saja belum ada.

Banyak fitur yang disematkan di Mi A1 ini yang belum disebutkan seperti finger print scanner yang sudah umum dijumpai di banyak smartphone saat ini, USB Type-C, IR Blaster dan lain-lain. Satu yang menjadi perhatian di smartphone ini yaitu adanya dual-camera ala Iphone 7 Plus. Bahkan sebetulnya jika diperhatikan dari bentuk body nya pun Mi A1 ini sangat identik dengan Iphone 7 Plus.

Xiaomi Mi A1 Racikan Google Resmi Rilis! Berikut Harganya

Cakep kan? Setimpal sama harganya kan? Mau dibeliin om? Udah ala-ala Iphone 7 Plus lo ini.

Dibagian belakang Xiaomi Mi A1 terdapat dual-camera masing-masing 12MP dengan tugas yang berbeda. Untuk kamera utamanya menggunakan lensa wide-angle sedangkan kamera yang kedua memakai lensa telephoto. Katanya kamera Mi A1 ini konfigurasinya sama dengan yang ada di Xiaomi Mi 6 namun memakai sensor yang berbeda serta tidak dilengkapi dengan OIS atau Optical Image Stabilization.

Apa gunanya dual-camera di smartphone? Umumnya smartphone yang mengadopsi dual-camera bisa mengambil objek dengan bokeh yang mantap. Itu karena dua kamera tersebut berbagi tugas, satu mengukur kedalaman foto (depth of field) satunya lagi untuk mengambil objek. Ada lagi fitur dari dual-camera pada smartphone yaitu kemampuan 2x optical zoom. Ingat, optical zoom bukan digital zoom. Dua hal itu sangatlah berbeda.

Untuk kamera depannya sendiri sebesar 5MP, cukup standard dan umum dijumpai di smartphone Android lain. Nothing special.

Xiaomi Mi A1 Racikan Google Resmi Rilis! Berikut Harganya

Baik, itu tadi sedikit ulasan mengenai Xiaomi Mi A1 yang baru rilis beberapa waktu yang lalu. Smartphone ini terlihat begitu premium jika disandingkan dengan smartphone sekelasnya. Bentuknya yang simple dengan bahan full metal body membuat smartphone yang katanya "Flagship Dual-Camera" nya Xiaomi ini makin kece untuk dibawa kemana saja.

Meski Xiaomi Mi A1 ini bisa dikatakan 11:12 dengan Iphone 7 Plus, tapi harganya jelas sangat jauh. Di tempat launching nya di India, smartphone ini dibanderol seharga empat belas ribu sembilan ratus sembilan puluh sembilan rupee atau sekitar tiga juta seratus ribu rupiah. Nantinya smartphone ini akan dijual juga di negara-negara lain termasuk Indonesia. Untuk harganya sendiri kurang lebih sama. So, sabar saja.

Halaman resmi Xiaomi Mi A1, klik disini.