Type something and hit enter

By On
Download Google Camera Moto G5S Plus v4.2.035 APK Support HDR+ Tanpa ROOT Terbaru - Update Google Camera v4.2.035.141213305 terbaru, lebih stabil, lebih banyak fitur, tanpa root, HDR+ lebih tajam dan rapih dari versi sebelumnya, bisa HDR+ di kamera depan, dan lain-lain. Thanks to Sakti Antonius Musa Ginting @‎MOTOROLA moto G5s plus indonesia. Untuk link download, check dibawah.

Bingung akhir-akhir ini gak bisa login Spotify Premium Mod? Baca Cara Memperbaiki Spotify Premium Mod Tidak Bisa Login Paling Mudah Terbaru
Jadi sejak beberapa minggu lalu hingga saat artikel ini dibuat, masih banyak sekali pengguna Moto G5S Plus yang bertanya-tanya di forum dimanakah kita bisa mengunduh aplikasi Google Camera untuk smartphone dual-camera terbaru buatan Motorola saingan berat Xiaomi Mi A1 ini? Apakah seluruh fitur Google Camera bisa bekerja di ponsel yang memiliki code name Sanders tersebut? Bagaimana perbandingan fitur HDR di Google Camera ini dengan fitur HDR dari aplikasi kamera bawaan G5S Plus? Mari kita ulas bersama-sama.

Download Google Camera Moto G5S Plus v4.2.035 APK Support HDR+ Tanpa ROOT Terbaru

Belakangan ini aplikasi Google Camera cukup trending di kalangan pecinta smartphone, dimulai sejak munculnya fitur Portrait Mode di kamera Google Pixel 2 yang mampu memberikan efek bokeh keren dengan kualitas foto yang sangat baik mirip jepretan dari kamera DSLR dengan bukaan lensa yang besar. Kala itu banyak member senior XDA yang mencoba untuk menghadirkan fitur Portrait Mode ini di smartphone lain dengan mem-porting aplikasi Google Camera original Pixel 2 yang memiliki fitur Portrait Mode ke smartphone non-Google dan hasilnya sekarang aplikasi tersebut sudah berhasil dikembangkan dan berjalan dengan lancar di beberapa smartphone yang memenuhi persyaratan khusus seperti sudah menggunakan Android Oreo terbaru dan support 64 bit.

Aplikasi hasil port Google Camera dari Pixel 2 yang mendukung fitur Portrait Mode bisa dipasang di Moto G5S Plus. Sayangnya, kamu harus memasang custom ROM non-official versi 64 bit yang bisa kamu temui di berbagai forum seperti XDA Developers agar aplikasi itu bisa berjalan sepenuhnya. Moto G5S Plus dalam waktu dekat dikabarkan akan mendapat update Android Oreo, sedangkan saat ini versi Android yang dipakai masih Nougat dengan arsitektur 32 bit.
Secara prinsip, aplikasi Google Camera versi Pixel 2 yang sudah berhasil di port diatas tidak bisa langsung di install begitu saja di Moto G5S Plus karena stock ROM yang dipakai saat ini belum mendukung requirement aplikasi itu. Kabar baiknya, kita masih memiliki kesempatan untuk mencoba versi Google Camera lain yang tentunya memiliki fitur unggulan ciamik yang sudah dikenal banyak orang sejak lama, apa lagi kalau bukan HDR+.

Fitur HDR+ di Google Camera sejauh ini masih dianggap yang terbaik dibanding fitur HDR yang umumnya di miliki oleh aplikasi stock kamera. Rumornya, algoritma citra yang di pakai Google Camera dikembangkan melalui riset yang cukup lama oleh mereka dan hasilnya aplikasi kamera ini memang mampu memberikan hasil foto yang dari segi exposure, saturasi, contrast, hingga dynamic range nya sangat menawan meski smartphone yang dipasangi aplikasi itu dari sisi hardware nya hanya memakai lensa standard saja.

Di forum 4PDA, ada salah seorang member dengan username @B-S-G yang saat ini telah berhasil melakukan porting + mods berbagai macam versi aplikasi Google Camera, salah satunya versi yang bisa berjalan di Android 6.0 Marshmallow keatas berarsitektur 32 bit lengkap dengan fitur default nya seperti Photo Sphere, Panorama, Lens Blur, Slow Motion dan juga HDR+. Aplikasi tersebut bisa dipasang di berbagai jenis smartphone, asal smartphone yang di maksud memenuhi kriteria aplikasi itu.

Awal November 2017 lalu, di forum official Moto G5S Plus di XDA seorang member bernama Mikoto membuat thread yang membagikan link 81 koleksi mods Google Camera buatan BSG (selengkapnya baca di https://forum.xda-developers.com/moto-g5s-plus/themes/collection-modded-google-camera-arm32-64-t3700954). Dari puluhan aplikasi Google Camera tersebut tidak semuanya bisa dipakai di Moto G5S Plus. Mikoto memaparkan bahwa hanya ada empat aplikasi saja yang compatible di stock ROM Android Nougat 32 bit milik G5S Plus ini, diantaranya:
  • Google Camera versi arm-arm64 dengan max quality JPEG (recommended)
  • Google Camera versi arm-arm64 dengan fitur support RAW (cukup bagus namun sedikit abnormal seperti warna biru terlalu tajam)
  • Google Camera versi arm-arm64 dengan max param (tidak disarankan)
  • Google Camera versi arm-arm64 dengan Cam2API (hampir sama dengan max quality JPEG)
Sebetulnya ada satu lagi yang belum disebutkan, yakni Google Camera versi arm-arm64 dengan fitur touch focus. Alasan kenapa Google Camera yang di pakai harus versi arm-arm64 ialah karena versi ini mendukung smartphone yang memiliki arsitektur 32 bit dan 64 bit (arm berarti 32 bit, arm-arm64 berarti support kedua-duanya).

Saya sudah mencoba aplikasi Google Camera tersebut di Moto G5S Plus. Smartphone yang saya pakai kondisinya masih stock, belum di unlock bootloader, belum di root ataupun pasang custom recovery. Versi aplikasi yang saya pakai yakni Google Camera versi arm-arm64 dengan max quality JPEG. Dari data yang tercantum di informasi, aplikasi Google Camera tersebut merupakan versi 3.2.045.

Sebelumnya saya pernah mencari aplikasi Google Camera yang versi build nya lebih tinggi seperti Google Camera 4.2. Saya mendapatkan versi APK nya di APKMirror. Sayangnya, meski aplikasi tersebut bisa terpasang tanpa terkendala masalah apapun, fitur HDR+ yang saya inginkan tidak ada sehingga mungkin hanya versi mods buatan BSG diatas yang memiliki fitur terlengkap sementara ini.
Dari thread forum XDA buatan Mikoto diatas, ia menambahkan bahwa sebelum memasang aplikasi Google Camera ini, pengguna harus mengaktifkan API kamera terlebih dahulu dengan menambahkan string persist.camera.HAL3.enable=1 di build.prop masing-masing. Faktanya, pengguna Moto G5S Plus tidak perlu melakukan itu karena secara default API Camera2API sudah aktif di smartphone ini. Untuk memeriksanya, kamu bisa mengunduh Manual Camera Compatibility dari Play Store.

Baik, tanpa perlu basa-basi lagi, jika kamu pengguna Motorola Moto G5S Plus yang saat ini tengah mencari aplikasi Google Camera terbaru dengan fitur paling lengkap termasuk HDR+, ikuti panduan singkat dibawah ini.

Khusus buat kamu pengguna Xiaomi Mi A1 yang ingin memasang aplikasi Google Camera ini tanpa root, tanpa unlock bootloader dan tetap bisa update OTA, baca artikel Cara Install Google Camera Support HDR+ di Xiaomi Mi A1 Tanpa ROOT Terbaru

Cara unduh Google Camera terbaru untuk Moto G5S Plus yang support HDR+ tanpa ROOT

Download Google Camera Moto G5S Plus v4.2.035 APK Support HDR+ Tanpa ROOT Terbaru
  • Atau unduh Google Camera v4.2.035.141213305 APK terbaru disini
Setelah aplikasi di unduh, kamu bisa memasangnya seperti biasa tanpa perlu mengkonfigurasi apapun.

Untuk kualitas hasil foto serta hasil HDR+ dari Google Camera ini, lebih baik kamu mencobanya sendiri agar lebih paham perbedaannya. Yang perlu digaris bawahi disini, hasil foto dari kamera bawaan Moto G5S Plus lebih saturated dan contrast nya cukup tinggi. Kamu bisa membandingkan foto HDR dari masing-masing aplikasi, dimana foto HDR dari Google Camera akan terlihat cenderung lebih gelap dan natural tapi tajam, detail nya muncul sedangkan foto HDR dari aplikasi kamera bawaan justru sebaliknya.

Jadi bagusan mana foto HDR dari Google Camera dengan foto HDR dari aplikasi bawaan Moto G5S Plus? Isi pendapatmu di kolom komentar dibawah ini.

Xiaomi kesayanganmu boros baterai dan sering ngedrop? Baca artikel Tutorial Cara Mengatasi Baterai Xiaomi Boros Dan Cepat Habis Paling Ampuh Terbaru