--> Skip to main content

Alasan Redmi 5 dan Redmi 5 Plus Layak Dimiliki Atau Tidak

Alasan Redmi 5 dan Redmi 5 Plus Layak Dimiliki Atau Tidak

Alasan Redmi 5 dan Redmi 5 Plus Layak Dimiliki Atau Tidak - Belum selesai euforia rajanya smartphone murah Redmi 5A yang hari Rabu minggu ini memasuki flash sale kesepuluh kalinya di Lazada, baru-baru ini Xiaomi secara resmi mengeluarkan tiga smartphone baru lagi yang menawarkan aneka macam peningkatan mulai dari spesifikasi hingga fitur-fitur unik di dalamnya. Ketiga smartphone yang di maksud apa lagi kalau bukan Xiaomi Redmi 5, Redmi 5 Plus alias Redmi Note 5 dan yang paling gahar Redmi Note 5 PRO.

So, mana yang kamu pilih? Apakah semua varian terbaru di jajaran Redmi ini sama saja? Worth it kah untuk dimiliki? Sebagai langkah awal untuk menilai apakah seri Redmi generasi ke-5 ini bagus atau tidak, mari kita lihat sekilas spesifikasinya berikut ini.

Redmi 5 Redmi 5 Plus Redmi Note 5 PRO
Layar IPS LCD 5.7 inch HD 18:9 IPS LCD 5.99 inch FHD+ 18:9 IPS LCD 5.99 inch FHD+ 18:9
Chipset Snapdragon 450 Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53 Snapdragon 625 Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 Snapdragon 636 Octa-core 1.8 GHz Kryo 260
GPU Adreno 506 Adreno 506 Adreno 509
Memori 32 GB, 3 atau 4 GB RAM dan 16 GB, 2 GB RAM 64 GB, 4 GB RAM dan 32 GB, 3 GB RAM 64 GB, 4 atau 6 GB RAM
Kamera 12 MP f/2.2 1.25 μm PDAF LED flash dan 5 MP f/2.0 LED flash 12 MP f/2.2 1.25 μm PDAF dual-LED dual-tone flash dan 5 MP f/2.0 LED flash 12 MP f/2.2 1.25 μm + 5 MP f/2.0 1.12 μm PDAF LED flash dan 20 MP f/2.2 1/2.8" 1 μm LED flash
Konektifitas & Sensor WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2 A2DP LE, A-GPS GLONASS BDS, Infrared, Fingerprint, Accelerometer, Gyro, Proximity, Compass WiFi 802.11 a/b/g/n, Bluetooth 4.2 A2DP LE, A-GPS GLONASS BDS, Infrared, Fingerprint, Accelerometer, Gyro, Proximity, Compass WiFi 802.11 a/b/g/n/ac dual-band, 5.0 A2DP LE, A-GPS GLONASS BDS, Fingerprint, Accelerometer, Gyro, Proximity, Compass
Baterai Non-removable Li-Po 3300mAh battery Non-removable Li-Po 4000mAh battery Non-removable Li-Po 4000mAh battery

Memang, jika biasanya Xiaomi mengeluarkan versi standard suatu varian terlebih dahulu dan barulah disusul versi PRO dan versi lite nya, untuk varian Redmi 5 ini justru dibalik dimana Redmi 5A sebagai seri lite nya hadir terlebih dahulu pada akhir 2017 yang lalu kemudian disusul Redmi Note 5A di pertengahan Januari 2018 sedangkan kali ini giliran Redmi 5 standard dan seri Note nya yang secara resmi dijual secara global.

Alasan Redmi 5 dan Redmi 5 Plus Layak Dimiliki Atau Tidak

Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus bisa dibeli pada hari Kamis, 22 Februari 2018. Buat kamu yang tertarik dan berniat memilikinya diwajibkan melakukan registrasi terlebih dahulu di http://event.mi.com/id/apply/5ebentarlagi. Untuk Redmi 5, smartphone ini dijual seharga Rp. 1.899.000 saja sedangkan Redmi 5 Plus dibandrol seharga Rp. 2.199.000 untuk versi 32GB + 3GB dan Rp. 2.699.000 untuk versi 64GB + 4GB.

Kalau Xiaomi Redmi Note 5 PRO harganya berapa? Sayangnya, untuk saat ini Redmi Note 5 PRO belum tersedia secara resmi di Indonesia. Smartphone tersebut sementara hanya tersedia di India saja dengan bandrol 13.999 Rupee atau sekitar tiga juta rupiah.

Lantas apakah Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus yang akan segera dijual secara resmi di Indonesia tersebut layak untuk di beli?

Berikut ini alasan terbaik kenapa kamu harus membeli Redmi 5 dan Redmi 5 Plus

Layar ukuran lebar dengan bezel yang lumayan tipis
Bisa dibilang Redmi 5 beserta variannya ini merupakan terobosan baru yang diberikan Xiaomi dengan menawarkan peningkatan di sektor display yang besar (hampir mencapai 6 inch) dan bezel-less dengan aspect ratio 18:9 dimana ratio tersebut bukanlah ratio yang umum dipakai smartphone standard pada umumnya. Sejauh ini, ratio 18:9 hanya digunakan di smartphone flagship saja seperti Samsung Galaxy Note 8, LG V30, Google Pixel 2 XL, OnePlus 5T dan beberapa flagship buatan vendor lain.

Alasan Redmi 5 dan Redmi 5 Plus Layak Dimiliki Atau Tidak

Hadirnya layar yang luas tentu memberikan dampak tersendiri bagi kamu yang gemar bermain game ataupun menonton film dari smartphone Android. Saya sendiri suka dengan smartphone yang memiliki display berukuran besar. Asal tidak kurang dari 5.5 inch, saya senang. Alasan saya suka dengan smartphone yang memiliki layar lebar selain karena terlihat gahar, ponsel dengan layar yang kecil membuat saya sulit melihat karena mata saya minus disertai silinder sedangkan sejauh ini saya enggan memakai kacamata atau alat bantu penglihatan lain.

Kapasitas baterai jumbo, bisa standby hingga 17 hari lamanya
Umumnya setiap smartphone memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika di sektor tertentu (misal prosesor) sudah dibuat melebihi ekspektasi, pada sektor lain diberikan penurunan (misal kamera) untuk menekan anggaran guna menyukupkan bandrolan harga smartphone tersebut.

Alasan Redmi 5 dan Redmi 5 Plus Layak Dimiliki Atau Tidak

Buat kamu calon user Redmi 5 atau Redmi 5 Plus patut berbangga hati karena kabar baiknya smartphone ini hampir semuanya dilebih-lebihkan (dalam arti bagus) termasuk ketersediaan baterai smartphone ini yang tergolong jumbo mencapai 4000mAh. Dengan kapasitas baterai sebanyak itu, Xiaomi menjanjikan waktu standby hingga 17 hari, waktu memutar lagu sampai 165 jam, memutar video sampai 15 jam dan bermain game sampai dengan 9 jam lamanya. Gila gak tuh? Siap-siap mabar sambil begadang tiap malam guys.

Kamera dengan ukuran pixel yang besar
Penilaian bagus tidaknya suatu kamera smartphone itu dilihat dari jenis sensor serta ukuran tiap pixel nya. Untuk ukuran resolusi, sebaiknya jangan dijadikan prioritas karena resolusi itu mungkin hanya dibutuhkan saat pencetakan foto atau editing saja.

Alasan Redmi 5 dan Redmi 5 Plus Layak Dimiliki Atau Tidak

Kamera belakang Redmi 5 dan Redmi 5 Plus sama-sama beresolusi 12MP dengan dukungan LED flash untuk Redmi 5 sedangkan Redmi 5 Plus dilengkapi dual-tone LED flash yang mampu memberikan hasil foto lebih natural dan juga cerah. Untuk jenis sensornya sendiri masih belum jelas karena minimnya info mengenai hal ini (yang pasti bukan sensor dari Sony).

Satu hal yang pasti, kedua smartphone tersebut memiliki kamera dengan ukuran pixel yang sama yakni 1.25 μm. Ukuran pixel yang besar akan berimbas ke hasil foto yang kaya akan detail dan warna, lebih rapat serta tajam hasilnya, dan yang menarik hasil foto dari kedua varian Redmi ini tidak begitu pecah ketika di zoom sampai maksimal sekalipun.

LED flash pada kamera depan
Satu lagi alasan terbaik kenapa kamu wajib melirik smartphone yang dijual mulai dari 1,9 jutaan ini selain ukuran display nya yang lebar, dukungan memori internal dan RAM yang banyak, kapasitas baterai nya gede, Redmi 5 dan Redmi 5 Plus dilengkapi lampu LED flash pada kamera depan yang pastinya bisa kamu manfaatkan untuk mendongkrak kebutuhan selfie mu agar bisa selalu eksis sepanjang waktu.

Alasan Redmi 5 dan Redmi 5 Plus Layak Dimiliki Atau Tidak

Tidak hanya itu saja, adanya fitur Smart Beauty 3.0 di kamera depan Redmi 5 dan Redmi 5 Plus ini tentu bisa menyulap raut mukamu yang mungkin terlihat biasa saja menjadi cakep bak artis Korea dalam sekejap. Dengan adanya lampu LED flash serta fitur 'kamera jahat' di kamera depan ini akan sangat membantumu ketika kamu hendak membuat vlog atau sekedar upload foto selfie di media sosial.

Xiaomi Redmi 5 bukanlah ponsel yang ditujukan untuk bermain game berat dengan ukuran yang besar. Smartphone ini paling cocok dipakai untuk kebutuhan sehari-hari seperti bersosial media, nonton video di YouTube, berfoto-foto ria dan bermulti-tasking. Jadi jangan sampai kamu berekspektasi lebih kemudian merendahkan kemampuan ponsel ini karena Redmi 5 memang ditujukan untuk kelas entry-level saja. Meski demikian, ponsel ini tetap enak kok dipakai untuk bermain Mobile Legends atau Rules Of Survival.

Berikut ini alasan terbaik kenapa kamu tidak perlu membeli Redmi 5 dan Redmi 5 Plus

Sudah punya smartphone lain dengan spesifikasi yang mirip
Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus bukanlah smartphone yang dibekali spesifikasi tingkat dewa dengan performa gaming dan multi-tasking diatas rata-rata. Untuk Redmi 5, smartphone ini menggunakan Snapdragon 450 Octa-core yang ditujukan untuk multi-tasking sedangkan Redmi 5 Plus dengan Snapdragon 625 Octa-core nya pun juga sama (meski kelasnya berbeda).

Jika kamu pengguna smartphone Android dengan spesifikasi yang jika dilihat tidak begitu jauh dengan kedua Redmi ini, lebih baik kamu tahan niatmu sejenak untuk meminang ponsel dua jutaan ini sembari menunggu ponsel lain yang menawarkan spesifikasi lebih dari ini. Saya pengguna Xiaomi Redmi Note 4, lebih baik saya upgrade ke salah satu smartphone ini atau tidak? Tidak perlu, kecuali jika kamu memang membutuhkan layar yang lebih lebar dari si Mido. Bakal lebih bagus jika kamu melirik Redmi Note 5 PRO yang memiliki peningkatan spesifikasi yang cukup banyak dan positif di berbagai aspek.

Itu saja? Yups. Barangkali jika kamu mau menambahkan bisa isi kolom komentar dibawah nanti.

Sejak akhir 2017 hingga awal tahun ini Xiaomi masih belum berhenti menghadirkan smartphone terbarunya dengan jeroan dan segmentasi yang berbeda-beda. Hal ini merupakan kabar bagus buat kamu pecinta Android karena makin kesini makin banyak pilihan ponsel yang bisa kamu jadikan incaran. Terlebih pada umumnya smartphone buatan Xiaomi itu memiliki range harga yang terbilang terjangkau.

Kalau mas Yusron pengen ganti smartphone yang seperti apa kira-kira? Salah satu kriteria smartphone yang saya suka sudah saya sebutkan diatas yakni sebuah Android dengan display berukuran besar. Selain itu saya juga suka fotografi. Dimanapun saya berada, jika ada kesempatan selalu saya manfaatkan untuk potret sana potret sini sekedar untuk dokumentasi atau jika memungkinkan akan saya upload ke sosial media. Jadi jika ada ponsel keluaran terbaru dengan spesifikasi kamera yang mantap, akan saya pertimbangkan untuk mengambilnya. Hanya itu? Lantas kira-kira adakah smartphone Android yang seperti kriteria diatas? Ada. Dengan display 5.99 inch FHD+ 18:9 serta memiliki kamera belakang ganda didukung sensor Sony IMX486 dan kamera depan bersensor Sony IMX376, sepertinya Redmi Note 5 PRO yang saat ini pas di hati saya :)

Semoga bermanfaat.

Buat kamu yang selalu gagal mengikuti flash sale Redmi 5A di Lazada, baca tips cara agar sukses membeli saat flash sale Redmi 5A di Lazada agar flash sale mu berjalan dengan lancar.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar