Type something and hit enter

By On
Cara Install Google Camera v5.1 Portrait Mode di MIUI 9 Nougat Terbaru - Tidak selamanya sebuah fitur di suatu perangkat Android bisa dikatakan eksklusif karena pada dasarnya Android itu merupakan sistem operasi open source yang bisa dengan mudahnya di bongkar pasang isi sistem dan fitur-fiturnya secara menyeluruh, termasuk aplikasinya. Contohnya saja Google Camera Apps dengan fitur Portrait Mode yang bisa membuat sebuah hasil tangkapan kamera smartphone Android menjadi lebih menawan dan memiliki efek bokeh yang smooth dipandang. Hanya dalam waktu beberapa minggu, aplikasi kamera yang pada awalnya hanya ada di Google Pixel 2 tersebut kini sudah tak terhitung lagi jumlah versi portingannya yang secara umum bisa di pasang di smartphone merk lain dengan persyaratan tertentu.

Fitur Portrait Mode yang ada di Google Camera bawaan Pixel 2 bisa dibilang sebuah fitur yang sangat canggih, dimana aplikasi kamera yang hanya menggunakan algoritma pemrosesan gambar itu bisa menghasilkan foto yang sanggup menyaingi hasil jepretan kamera profesional tanpa perlu bantuan hardware mumpuni seperti dual-camera yang belakangan ini menjadi trend smartphone jaman now. Selain fitur Portrait Mode dengan ciri khas efek blur nya, Google Camera juga memiliki beberapa fitur unik lain seperti Motion Photos, Face Retouching, dan juga AR Stickers yang bisa menampilkan efek animasi 3D berupa karakter tertentu yang terlihat nyata dan juga bisa bergerak di kamera ponselmu.

Tentu sekarang kalian bertanya-tanya apakah smartphone Android kesayanganmu bisa dipasangi aplikasi Google Camera yang support Portrait Mode milik Pixel 2 ini? Jawabannya bisa ya atau tidak. Yang perlu kamu perhatikan, Google Camera pada dasarnya bisa berjalan dengan lancar di Android Oreo (8.0+). Sedangkan versi portingannya rata-rata khusus Android dengan SDK 24 alias Android Nougat (7.0+) keatas. Artinya, buat kamu yang saat ini memakai Android dengan versi OS dibawah Nougat (Marshmallow, Lollipop, Kitkat dan seterusnya) sepertinya belum bisa memakai aplikasi kamera jahat yang satu ini.

Sebelumnya saya pernah mengulas cara install Google Camera khusus Xiaomi Mi A1 yang bisa dipasang oleh seluruh pengguna tanpa perlu hak akses root dan unlock bootloader. Namun, Google Camera yang dimaksud bukanlah GCam v5.1 yang support Portrait Mode melainkan Google Camera v4.2 dengan fitur andalan HDR+. Untuk selengkapnya bisa kamu baca di artikel Cara Install Google Camera HDR+ di Mi A1 Tanpa ROOT Lengkap Terbaru.

Saya pun pernah mengulas cara pasang Google Camera untuk Motorola Moto G5S Plus yang notabene merupakan saingan berat Xiaomi Mi A1. Versi Google Camera nya tersedia dua jenis, yakni Google Camera v3.2.045 dan Google Camera v.4.2.035. Untuk pemasangan aplikasi GCam di Sanders ini terbilang lebih mudah dibandingkan Mi A1 karena tanpa tools apapun, tanpa perlu enable Camera2API dan semacamnya (karena library Camera2API di Moto G5S Plus sudah aktif sejak keluar dari pabrik), cukup install Google Camera APK dan beres tinggal jepret sana sini dengan gembira sesuka hati. Mengenai cara pemasangan Google Camera di Moto G5S Plus bisa kalian lihat artikelnya di Cara Install Google Camera v4.2.035 APK Support HDR+ di Moto G5S Plus Tanpa ROOT Terbaru.

Xiaomi kesayanganmu boros baterai dan sering ngedrop? Baca artikel Tutorial Cara Mengatasi Baterai Xiaomi Boros Dan Cepat Habis Paling Ampuh Terbaru
Cara Install Google Camera 5.1 Portrait Mode di MIUI 9 Nougat Terbaru

Cara pasang Google Camera v5.1 support Portrait Mode di seluruh Xiaomi yang memakai MIUI 9 Nougat terbaru

Kali ini giliran ponsel keluaran Xiaomi yang mendapatkan jatah tutorial cara install Google Camera versi 5.1 terbaru yang sudah support Portrait Mode. Perlu di catat bahwa tutorial ini bisa kalian terapkan di seluruh smartphone Xiaomi yang sudah memakai MIUI 9 berbasis Android Nougat 7.0 keatas. Jadi jangan sampai ada lagi yang bertanya 'apakah bisa saya memakai Android Marshmallow?' karena jawabannya jelas tidak dikarenakan SDK nya belum memenuhi persyaratan minimum.

Fitur Google Camera v5.1 Portrait Mode Ported APK
  • Slow Motion
  • Panorama
  • Photo Sphere
  • Portrait Mode (bisa untuk kamera depan maupun kamera belakang)
  • 4K UHD video recording (support 30fps)
  • Front Display Flash
  • Face Retouching Mode
  • Dan mode-mode lainnya
Bug yang ditemui
  • Aplikasi kamera bawaan akan berhenti bekerja setelah Camera2API diaktifkan. Untuk mengembalikannya seperti semula tinggal non-aktifkan lagi Camera2API nya. Aman kok
Persyaratan
  • Pastikan smartphone Xiaomi milikmu sudah dalam kondisi rooted
  • Unduh Google Camera v5.1 Portrait Mode Ported APK disini
  • Jika kamu belum memiliki file manager yang support root, unduh ES File Explorer disini
Step by step instalasi Google Camera v5.1 di MIUI 9 berbasis Nougat
  • Buka aplikasi file manager yang sudah kamu install
  • Cari folder /system
  • Edit file build.prop
  • Cari baris persist.camera.HAL3.enabled
  • Jika kamu menemukannya, pastikan value nya 1. Jika value yang tertulis 0, kamu bisa merubahnya sendiri kemudian save
  • Jika kamu tidak menemukannya, tambahkan baris persist.camera.HAL3.enabled=1 di baris paling bawah file tersebut kemudian save
  • Install Google Camera v5.1 Portrait Mode Ported APK
  • Buka aplikasi kamera tersebut
  • Izinkan seluruh permission yang keluar (jika ada)
  • Selamat menikmati aplikasi kamera bokeh buatan Google
Demikian tutorial cara install Google Camera v5.1 yang sudah support Portrait Mode di seluruh smartphone Xiaomi yang menggunakan MIUI 9 berbasis Nougat terbaru. Asal kalian tahu, cara diatas merupakan cara yang paling mudah untuk bisa menikmati Google Camera versi terbaru saat ini.

Tutorial diatas sudah saya coba di Redmi 5 Plus tanpa ada kendala apapun selama proses pemasangan. So, tak perlu khawatir lagi. Kini giliran ponsel Xiaomi milikmu yang perlu mencoba aplikasi kamera kece yang tengah naik daun belakangan ini.

Jika ada hal yang kurang jelas bisa kamu tanyakan di kolom komentar dibawah. Jangan sungkan untuk request tutorial apapun terkait kendala atau mod yang kamu inginkan di smartphone Android tercintamu.

Semoga bermanfaat.

Ingin tampilan Xiaomi milikmu seperti iPhone dalam sekejap? Baca Cara Merubah Tampilan Xiaomi MIUI Menjadi Apple iOS 11 Terbaru