--> Skip to main content

Tips Cara Klaim Garansi Xiaomi Paling Mudah Terbaru

Tips Cara Klaim Garansi Xiaomi Paling Mudah Terbaru - Sebelumnya saya pernah bercerita mengenai seorang anak muda yang mungkin nasibnya kurang beruntung, dimana anak muda tersebut mendapatkan barang yang mungkin cacat dari pabrik ketika berhasil mengikuti flash sale Xiaomi Redmi 5A sesi pertama pada akhir Desember 2017 yang diadakan oleh Lazada.

Cacat yang dimaksud yakni munculnya garis-garis hitam membentang di sebagian layar smartphone, khususnya LCD bagian bawah. Yang membuat hati lebih teriris-iris, pemuda yang statusnya masih sebagai pelajar itu membeli si rajanya smartphone murah ini dengan hasil jerih payahnya menabung dari uang saku sehari-hari selama periode yang tidak disebutkan.

Untuk membaca kisah lengkapnya, buka artikel Xiaomi Redmi 5A Rusak Padahal Baru 3 Hari Beli? Anda Belum Beruntung.

Tips Cara Klaim Garansi Xiaomi Paling Mudah Terbaru

Seperti yang sudah saya katakan dalam artikel tersebut, tidak semua smartphone Xiaomi itu memiliki build quality yang buruk, terlebih jika smartphone Xiaomi yang dimaksud merupakan smartphone resmi dan bukan dari distributor. Meski mungkin smartphone Xiaomi bergaransi resmi (misalnya TAM) dengan Xiaomi bergaransi distributor itu dari segi keaslian unit, model, tipe, isi dan lain-lainnya sama, namun smartphone Xiaomi dengan garansi yang sah lebih terjamin kualitas barangnya.

Memang, sejauh ini kasus yang sering saya temui terkait ponsel Xiaomi rusak secara tiba-tiba itu datang dari Xiaomi versi distributor (mungkin berbeda dari sudut pandang Anda). Bisa jadi sebelum barang di impor ke Indonesia, dari sana nya sudah bermasalah sehingga ketika sampai ke tangan pelanggan tidak perlu menunggu waktu lama smartphone tersebut mulai menampakkan kerusakannya hingga berujung mati total alias tidak bisa digunakan lagi.

Saya tidak menyudutkan pihak distributor yang memasukkan barang-barang yang mungkin kualitasnya tidak sama seperti ponsel Xiaomi bergaransi original. Saya sendiri pernah memiliki Redmi Note 3 PRO versi distributor yang saya beli di salah satu plaza yang ada di kota Surabaya. Saat itu Redmi Note 3 PRO belum ada versi resmi nya di Indonesia sehingga mau tidak mau karena saya sudah kepengen memiliki smartphone tersebut akhirnya saya ambil. Selama pemakaian kurang lebih satu setengah tahun tidak ada satu pun cacat atau kerusakan yang saya temui.

Bingung akhir-akhir ini gak bisa login Spotify Premium Mod? Baca Cara Memperbaiki Spotify Premium Mod Tidak Bisa Login Paling Mudah Terbaru

Tips cara klaim garansi smartphone Xiaomi apapun paling mudah terbaru

Smartphone Xiaomi dengan garansi resmi mengalami kecacatan itu mungkin kebetulan saja. Seperti Redmi 5A ini, bukan tidak mungkin karena smartphone sejuta umat tersebut setiap hari Rabu di jual melalui penjualan kilat di Lazada membuat pabrik yang memproduksi ponsel tersebut berpacu dengan deadline. Saking terbatasnya waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan puluhan ribu unit Redmi 5A bisa jadi membuat bagian quality control keteteran hingga akhirnya ada beberapa unit yang mungkin terlewat dengan kondisi kurang bagus.

Buat kamu pengguna Xiaomi Redmi 5A atau ponsel Xiaomi apapun bergaransi resmi yang mendapatkan unit dengan segelintir kecacatan yang tidak disengaja alias bawaan pabrik, berikut ini tips cara klaim garansi yang bisa kamu jadikan referensi agar smartphone kesayanganmu tersebut bisa pulih kembali.

Dilansir dari halaman servis resmi Mi Indonesia, garansi terbatas dengan jangka waktu tertentu hanya bisa digunakan untuk produk Xiaomi resmi. Untuk telepon genggam, tablet dan aksesoris yang rusak selama penggunaan yang normal dan sesuai dengan kebijakan perusahaan, Xiaomi akan memberikan layanan perbaikan dan/atau penggantian secara gratis selama masa garansi masih berlaku.

Produk resmi Xiaomi di Indonesia didistribusikan oleh TAM. Itu artinya setiap produk Xiaomi yang distributor nya bukan dari TAM bisa dipastikan bukan merupakan produk resmi dari Xiaomi. Selain itu, masa berlaku garansi dimulai dari hari pelanggan menerima produk. Selama periode garansi, setiap kerusakan yang tidak termasuk akibat unsur kesengajaan, human error dan hal-hal sejenisnya akan diperbaiki secara gratis oleh Xiaomi.

Tips Cara Klaim Garansi Xiaomi Paling Mudah Terbaru

Sebelum kamu menghubungi atau mengunjungi service center terdekat dari lokasi tempat tinggalmu, ada baiknya kamu menghubungi call center Xiaomi terlebih dahulu di 0800-1-401558 (bebas biaya pulsa). Jelaskan alur kerusakan yang kamu alami kepada customer service untuk memastikan bahwa smartphone Xiaomi mu bisa di klaim garansi.

Umumnya jika klaim garansi berlaku, customer service akan menjelaskan prosedur untuk klaim garansi yang bisa kamu tempuh. Customer service akan menanyakan lokasi tempat kamu tinggal, kemudian memberikan rekomendasi service center terdekat yang bisa kamu hubungi.

Jika kamu bingung dimana service center Xiaomi terdekat yang bisa kamu tuju, buka situs Pusat Layanan Service Mi Indonesia kemudian cari berdasarkan provinsi dan kota tempat kamu tinggal. Umumnya service center Xiaomi buka setiap hari Senin sampai Sabtu pukul 10.00 s/d 18.00, namun ada juga SC yang buka di hari Minggu. Untuk lebih jelasnya, lihat di situs diatas.

Selanjutnya, hubungi service center yang direkomendasikan customer service atau service center berdasarkan data di Pusat Layanan Service Mi Indonesia. Kamu bisa datang langsung ke lokasi untuk klaim garansi atau jika tidak memungkinkan buatlah kesepakatan dengan pihak service center yang kamu tuju, tanyakan apakah smartphone terkait bisa dikirim melalui jasa pengiriman atau tidak. Jika ya, tanyakan bagaimana prosedurnya.

Persiapkan data-data dan perlengkapan yang dibutuhkan seperti kartu garansi dan juga nota pembelian / faktur / invoice asli. Jika kamu membeli smartphone Xiaomi di Lazada dan tidak mendapatkan email yang berisi invoice, kamu bisa mengirim email berisi permohonan invoice terkait pesanan dengan nomor order (misal) 3874329473 untuk keperluan garansi ke support@lazada.co.id. Setelah mendapatkan nota pembelian, kamu bisa mencetaknya sebagai bukti yang akan kamu bawa ke service center nanti.

Setelah kamu melakukan konfirmasi melalui call center Xiaomi dan sudah mengetahui alamat service center terdekat serta sudah menyiapkan data-data dan perlengkapan yang diwajibkan, kini saatnya kamu bawa ponsel Xiaomi mu yang bermasalah kesana atau kamu kirim melalui jasa pengiriman sesuai kesepakatanmu dengan service center tersebut. Lama klaim garansi bervariasi. Jika rusaknya tidak parah bisa memakan waktu sekitar tiga hari saja. Setelah unit yang kamu garansikan telah selesai dan bisa diambil, pihak service center akan menghubungimu segera.

Ingin kualitas kamera Mi A1 mu naik 200% pakai Google Camera HDR+? Baca artikel Cara Install Google Camera Support HDR+ Di Xiaomi Mi A1 Tanpa Root Terbaru

Daftar kerusakan smartphone Xiaomi yang bisa di klaim garansi di service center resmi

Berikut ini list kerusakan apa saja yang bisa di klaim garansi di service center resmi Xiaomi di seluruh cabang yang ada di Indonesia. Segala jenis kerusakan yang disengaja, kerusakan karena human error bukan tanggung jawab Xiaomi sehingga klaim garansi tidak berlaku.
  • Kerusakan layar termasuk tidak ada tampilan / tampilan tidak normal
  • Telepon genggam/tablet tidak hidup, tidak dapat membuat panggilan atau mencatat panggilan
  • Telepon genggam/tablet tidak bergetar atau berdering
  • Mati yang tidak normal
  • Koneksi yang buruk terhadap kartu SIM
  • Kerusakan tombol
  • Tidak ada suara atau volume suara tidak normal
  • Retak disebabkan oleh faktor material ataupun struktur material
Xiaomi kesayanganmu boros baterai dan sering ngedrop? Baca artikel Tutorial Cara Mengatasi Baterai Xiaomi Boros Dan Cepat Habis Paling Ampuh Terbaru

Daftar kerusakan smartphone Xiaomi yang tidak bisa di klaim garansi di service center resmi

Berikut ini list kerusakan apa saja yang tidak bisa di klaim garansi di service center resmi Xiaomi di seluruh cabang yang ada di Indonesia.
  • Nomor serial produk, nomor IMEI atau segel garansi hilang atau telah dihapus, dirusak dan diubah. Aksesoris atau bagian luar produk yang hilang
  • Setiap kerusakan yang terjadi di dalam maupun diluar permukaan produk, termasuk retakan, cacat, atau goresan pada case, layar, lensa kamera, tombol, dan tambahan lainnya meskipun tidak terbatas pada hal tersebut
  • Perawatan umum, bantuan reset sandi, update atau pemasangan aplikasi, demo produk, atau layanan yang tidak terkait dengan perbaikan/penggantian
  • Kerusakan produk yang disebabkan oleh pembongkaran dan penggunaan secara normal, termasuk karat dan noda meskipun tidak terbatas pada hal tersebut
  • Dan hal lainnya yang berlawanan dan tidak sesuai dengan etika bisnis
Demikian tips cara klaim garansi Xiaomi Redmi 5A dan smartphone Xiaomi jenis apapun paling mudah yang bisa kamu jadikan referensi jika Xiaomi kesayanganmu bermasalah dan membutuhkan penanganan secepatnya. Saya pribadi sudah pernah klaim garansi Xiaomi dengan alur persis seperti yang saya tulis diatas.

Jika ada hal yang kurang jelas bisa kamu tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini.

Semoga bermanfaat.

Ingin tampilan Xiaomi milikmu seperti iPhone dalam sekejap? Baca Cara Merubah Tampilan Xiaomi MIUI Menjadi Apple iOS 11 Terbaru
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar