Type something and hit enter

By On
Alasan Redmi Note 5 Seharga 2,5 Juta Lebih Menggiurkan Dari Flagship

Alasan Redmi Note 5 Seharga 2,5 Juta Lebih Menggiurkan Dari Flagship - Beberapa waktu yang lalu Xiaomi secara resmi merilis Redmi Note 5 di Indonesia. Smartphone yang menjadi primadona pabrikan asal China tersebut menawarkan berbagai macam peningkatan hampir di seluruh sektor dibanding seri Redmi Note pendahulunya mulai dari display, kamera, daya tahan baterai, hingga performa yang disebut-sebut sebagai ponsel dari keluarga Redmi Note dengan spesifikasi terbaik saat ini.

Smartphone yang memiliki keunggulan di sektor performa dengan skor AnTuTu mencapai lebih dari 115.000 dan juga di sektor kamera dengan fitur Artificial Intelligence (AI) Dual Camera yang mampu menghasilkan gambar dengan tingkat ketajaman dan akurasi warna tinggi serta memiliki autofocus super cepat ini hanya dibanderol seharga mulai dari 2,5 juta saja. Hal tersebut tentu secara otomatis menggeser posisi Redmi 5 Plus dan Mi A1 di segala sisi mengingat ketiga smartphone Xiaomi ini dijual di rentang harga yang tidak jauh beda saat artikel ini ditulis.

Kira-kira bagaimana antusiasme masyarakat menyambut penjualan perdana Redmi Note 5 yang akan diadakan tanggal 25 April 2018 mendatang? Apakah smartphone ini worth it untuk dimiliki di range harga mulai dari 2,5 juta rupiah? Haruskah kita menjual smartphone Android kita yang lama kemudian membeli Redmi Note 5 terbaru ini?

Sebelum kita bahas lebih jauh mengenai alasan mengapa Redmi Note 5 layak untuk kamu miliki, berikut spesifikasi singkat smartphone mid-end dengan fitur sekelas flagship ini yang perlu kamu tahu.

Baca artikel Download Koleksi Tema Naruto MTZ MIUI Untuk Xiaomi Terbaru untuk melihat koleksi tema Naruto MTZ terbaru khusus MIUI (Xiaomi) kesayanganmu
Dimensi 75.4 mm x 158.5 mm x 8.1 mm
Aspect ratio 18:9
Berat 180 g
Layar LCD IPS 5.99" 1080 x 2160 px (FHD+) dengan density 403 ppi dan dilengkapi 2.5D curved glass screen
Prosesor Qualcomm Snapdragon 636 Octa-Core Kryo 260 1.8 GHz
GPU Adreno 509
Penyimpanan 4GB + 64GB dan 3GB + 32GB
Kamera Kamera belakang 5MP + 12MP Dual PDAF 1.4um f/1.9 dengan EIS + Dual LED dan kamera depan 13MP PDAF 1um f/2.0
Baterai 4000 mAh support fast charging Qualcomm Quick Charge 3
Sistem operasi MIUI V9 Android 8.0 Oreo

Saya pribadi sudah cukup lama menantikan smartphone ini. Bukan karena saya ini seorang Mifans lo yaa. Smartphone Xiaomi saja saat ini saya tidak punya. Mifans darimana?

Dulu saya pernah memiliki Redmi 1S yang saya beli melalui flash sale Lazada pertama, lalu saya jual karena tak lama setelah itu ada varian smartphone Xiaomi lain yang keluar yakni Redmi Note 4G. Pada saat itu Xiaomi masih merupakan barang langka dan tidak setenar sekarang. Namun bagi orang yang melek dengan specs, pasti akan langsung sadar kalau ponsel buatan brand yang satu ini Out-Of-The-Box.

Selang beberapa tahun setelah itu saya tidak memegang ponsel merk Xiaomi lagi selama beberapa saat hingga tak lama kemudian saya membeli Redmi Note 3 PRO di awal peluncurannya karena saat itu jeroan nya saya anggap lumayan untuk kebutuhan harian saya. Selama masa vakum memakai brand Xiaomi, saya sering berganti-ganti ponsel buatan pabrikan lain seperti ASUS, Lenovo, Samsung, dan Sony.

Setelah cukup lama menikmati indahnya hari-hari saya bersama si Kenzo, saya memutuskan memakai Moto G5S Plus hingga detik ini karena rasanya saya sudah cukup jenuh mengoprek smartphone Android. Hanya dengan stock ROM Android rasanya sudah cukup untuk keperluan sehari-hari. Yang penting multi-tasking lancar. Terlebih di tahun 2018 ini umumnya smartphone Android sudah dibekali dengan spesifikasi tinggi (tidak seperti era 2012), jadi hampir tidak perlu melakukan optimasi apa-apa agar performa nya lancar.

Ingin tampilan Xiaomi milikmu seperti iPhone dalam sekejap? Baca Cara Merubah Tampilan Xiaomi MIUI Menjadi Apple iOS 11 Terbaru

Alasan mengapa Redmi Note 5 layak untuk dimiliki

Alasan Redmi Note 5 Seharga 2,5 Juta Lebih Menggiurkan Dari Flagship

Layar lebar dengan aspect ratio 18:9 ala flagship jaman now
Trend layar lebar dengan perbandingan ratio 18:9 merupakan yang paling banyak diminati saat ini. Entah darimana trend ini muncul, yang jelas ponsel dengan spesifikasi display seperti ini sangat digandrungi oleh gamer mobile karena mampu memberikan pengalaman baru dalam bermain game dengan cakupan view yang lebih luas dan memanjang.

Sejauh ini sepertinya belum ada ponsel yang mengadopsi aspect ratio ini selain flagship sekelas Galaxy Note 8, LG V30, Google Pixel 2 XL, OnePlus 5T dan lain-lain serta Redmi 5 dan Redmi 5 Plus yang merupakan adik dari Redmi Note 5 ini. So, buat kamu pecinta game Android ataupun kamu yang hobinya menonton film atau video YouTube melalui ponsel, sepertinya Redmi Note 5 perlu kamu lirik karena sensasi memakai display dari ponsel ini sangat berbeda dari yang kamu bayangkan.

Alasan Redmi Note 5 Seharga 2,5 Juta Lebih Menggiurkan Dari Flagship

Ponsel dual kamera termurah dengan pixel besar dan fitur yang sempurna
Seperti yang kita tahu bahwa sejauh ini Xiaomi Mi A1 dan Moto G5S Plus lah ponsel Android dual kamera pertama yang dibanderol dengan harga paling terjangkau di pasaran. Kalau kamu masih asing dengan smartphone yang memiliki codename Sanders tersebut, it's ok. Tapi kalau Mi A1, siapa yang tidak tahu ponsel sejuta umat ini?

Dijual seharga 2,499 juta rupiah saja kamu sudah bisa membawa pulang ponsel dual kamera terbaru andalan Xiaomi tersebut. Urusan fitur kamera yang ada di Redmi Note 5, Xiaomi mengklaim kamera smartphone ini lebih 'matang' dari segi hardware maupun software dibanding merk atau brand lain di kelasnya.

Alasan Redmi Note 5 Seharga 2,5 Juta Lebih Menggiurkan Dari Flagship

Seperti yang bisa kita lihat, gambar diatas merupakan perbandingan hasil foto Redmi Note 5 dengan Samsung A8 dan Vivo V9 di kondisi cahaya rendah di dalam ruangan. Ukuran pixel 1.4um yang besar membuat kamera Redmi Note 5 mampu menangkap cahaya lebih banyak sehingga berdampak pada hasil foto smartphone ini lebih kaya akan detail dan mampu mengatasi noise dengan baik ketika memotret di kondisi minim cahaya sekalipun.

Sekedar info kalau ukuran pixel 1.4um yang ada di kamera Redmi Note 5 sama besarnya dengan ukuran pixel yang tertanam di sensor kamera Samsung Galaxy S9. Kalau iPhone X, ukuran sensor kamera belakangnya hanya 1.22um guys. Bisa dipastikan kamera dengan size pixel yang besar lebih unggul untuk urusan lowlight.

Sensor 12MP yang ada di ponsel ini dilengkapi dengan Dual Pixel Autofocus. Biasanya teknologi tersebut ada pada smartphone seri flagship dan kamera DSLR ternama. Bedanya dengan PDAF, photodioda yang tertanam di setiap pixel sensor kamera PDAF kira-kira hanya 3% yang digunakan untuk mendeteksi phase autofocus. Sedangkan pada Dual Pixel Autofocus, total 100% digunakan untuk mendeteksi phase autofocus. Jadi, kamera dengan teknologi Dual Pixel Autofocus bakal lebih cepat mengunci objek yang di bidik.
Tidak akan ada habisnya bicara soal kamera Redmi Note 5. Padahal masih banyak fitur kamera di smartphone terbaru buatan Xiaomi ini yang belum dibahas, seperti:
  • Portrait Mode & Portrait Selfie berteknologi AI yang bisa menghasilkan efek blur yang sangat rapih pada sebuah objek
  • Fitur Electronic Image Stabilization alias EIS yang berguna untuk meredam getaran atau shake saat pengguna mengambil foto
  • Fitur HDR yang mampu menghasilkan gambar dengan dynamic range tinggi sehingga hasil foto akan terlihat lebih elegant
  • Fitur Beauty 4.0 berteknologi AI yang bisa menyulap wajahmu menjadi lebih menawan namun tetap natural, bisa dipakai untuk mempertirus wajah, memperbesar mata, memuluskan kulit, memancungkan hidung, mencerahkan mata, menghapus area hitam bawah mata, menghapus jerawat, memberikan kontur, mencerahkan wajah, memberi warna bibir
  • Fitur Face Unlock berteknologi AI yang berguna untuk membuka lockscreen lebih cepat daripada fingerprint. Fitur baru ini merupakan yang pertama kali disematkan di smartphone Xiaomi
  • Dan lain-lain
Urusan kamera, Redmi Note 5 bisa dikatakan satu-satunya ponsel dengan fitur kamera premium terbanyak di range harga dua jutaan. So, kalau flagship aja dilawan, masih gak mau beli ponsel ini?

Xiaomi kesayanganmu boros baterai dan sering ngedrop? Baca artikel Tutorial Cara Mengatasi Baterai Xiaomi Boros Dan Cepat Habis Paling Ampuh Terbaru untuk mengatasinya
Alasan Redmi Note 5 Seharga 2,5 Juta Lebih Menggiurkan Dari Flagship

Memiliki performa yang luar biasa untuk ponsel kelas menengah
Dapur pacu Redmi Note 5 menggunakan Qualcomm Snapdragon 636, sebuah prosesor yang memakai mikroarsitektur Kryo terbaru (biasanya di gunakan pada Snapdragon 800 series). Lebih lengkapnya, ponsel ini dilengkapi prosesor Snapdragon 636 yang menggunakan semi-custom CPU Kryo 260 dengan kemampuan performa 50% lebih kencang dan 40% lebih hemat daya dari seri sebelumnya.

Alasan Redmi Note 5 Seharga 2,5 Juta Lebih Menggiurkan Dari Flagship

Dari benchmark antara Redmi Note 4 vs Redmi Note 5 diperoleh hasil yang cukup mencengangkan, dimana skor AnTuTu sebanyak 116.693 yang diraih Redmi Note 5 lebih unggul 69% dari Redmi Note 4. Itu artinya, performa Snapdragon 625 sudah tidak sepadan dengan Snapdragon 636 meski sebetulnya kedua smartphone ini masih dalam segmentasi kelas yang sama. Padahal harga keduanya gak jauh beda lo. Kan sayang buat yang gak ngerti dan terlanjur beli si Mido.

Tingginya performa Redmi Note 5 secara otomatis membuat pengguna tak perlu merasa khawatir mengalami kendala terkait kinerja ponsel yang kurang maksimal. Smartphone ini memiliki dua varian yang bisa kamu pilih, antara lain varian RAM 3GB + memori internal 32GB dan RAM 4GB + memori internal 64GB. Dengan dukungan RAM sebanyak itu, Redmi Note 5 sudah pasti enak dipakai untuk keperluan multi-tasking maupun gaming.

Alasan Redmi Note 5 Seharga 2,5 Juta Lebih Menggiurkan Dari Flagship

Snapdragon 636 yang ada di Redmi Note 5 disebut-sebut memiliki DNA flagship, apa lagi kalau bukan karena arsitektur 14nm FinFET yang memberi performa thermal lebih baik serta irit dalam pemakaian daya. Ditambah lagi RAM ponsel ini sudah memakai LPDDR4X dengan pemakaian daya yang juga lebih irit sekitar 35% dari LPDDR3. Belum lagi kapasitas baterai 4000 mAh yang ada di Redmi Note 5 ini bakal jadi pelengkap yang super maksimal untuk penggunaan harian yang lebih lama lagi. Gokil dah.

Alasan Redmi Note 5 Seharga 2,5 Juta Lebih Menggiurkan Dari Flagship

Menawarkan harga termurah dengan spesifikasi tertinggi dari brand lain
Sudah sangat jelas dari perbandingan gambar tabel spesifikasi dan harga diatas yang bisa dijadikan pilihan paling worth it hanya Redmi Note 5. Kenapa harganya bisa sangat murah? Padahal kan jeroan hapenya gak sebanding dengan harga per unit nya. Apa lagi kebanyakan smartphone terbaru dari brand sebelah rata-rata dibanderol dengan harga mulai dari 4 juta rupiah dengan spesifikasi yang mungkin lebih unggul ponsel ini.

Sebetulnya saya sendiri tidak begitu paham dengan teknik marketing yang diterapkan oleh Xiaomi. Beberapa sumber mengatakan bahwa sebetulnya tiap ponsel yang dijual oleh mereka hampir tidak memberi keuntungan sama sekali. Yang jelas, sejak kemunculan brand Xiaomi di Indonesia, hingga sekarang produk-produk mereka sudah sangat melekat di masyarakat. Dengan kata lain sejauh ini sepertinya Xiaomi sukses merebut hati rakyat Indonesia. Semoga tetap begitu kedepannya. #KamiSukaMurah

Demikian ulasan singkat mengenai beberapa alasan mengapa Redmi Note 5 layak untuk kamu miliki. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi lebih buat kamu yang menginginkan smartphone baru di range harga dua jutaan dengan spesifikasi yang cukup dewa di kelasnya.

Mohon maaf jika ada salah kata atau isinya kurang lengkap. Isi kolom komentar dibawah ini jika ada hal yang ingin kamu tanyakan. Jangan sungkan untuk request tutorial dan berita seputar Android jika kamu membutuhkannya.

Semoga bermanfaat.

Ingin hasil foto kamera Mi A1 jadi lebih mantap? Baca artikel Cara Install Google Camera Support HDR+ Di Xiaomi Mi A1 Tanpa Root Terbaru