--> Skip to main content

Cara Bypass Mi Cloud Redmi Note 4X Mido Gratis & Ampuh

Cara Bypass Mi Cloud Redmi Note 4X Mido Gratis & Ampuh - Tutorial kali ini membahas seputar cara bypass Mi Cloud pada Xiaomi Redmi Note 4X atau Redmi Note 4 Snapdragon alias Mido paling ampuh dan mudah untuk diterapkan. Dengan mengikuti step by step yang akan dijelaskan dibawah nanti, dalam waktu kurang dari 10 menit saja Redmi Note 4X milikmu akan langsung bisa digunakan kembali tanpa ada dialog aktivasi Mi account yang keluar.

Alasan kenapa Mi Cloud harus di bypass atau di bobol karena mungkin kamu mengganti SIM card baru dengan kondisi Mi Cloud aktif sehingga setelah booting selesai biasanya kamu diharuskan memasukkan password Mi Cloud yang terpasang karena nomor SIM card yang kamu masukkan terdeteksi berbeda dengan yang tercantum di akun Mi itu. Selain karena mengganti SIM card, umumnya orang mencari cara bypass akun Mi ini karena ia baru saja membeli smartphone Xiaomi bekas namun apesnya Mi Cloud milik pemilik yang lama belum di sign out sehingga ketika kamu memasukkan SIM card baru, secara otomatis nomor tersebut terdeteksi dan terkunci lah ponsel itu sesaat setelah booting selesai.

Alasan lain kenapa kamu ingin menjebol Mi Cloud Redmi Note 4 Snapdragon ini yakni mungkin kamu lupa dengan password Mi account yang terpasang di smartphone tersebut. Atau, mungkin saja ketika kamu membeli ponsel Xiaomi ini Mi account nya sudah dibuatkan oleh pihak retailer tempat kamu membeli sehingga sudah bisa dipastikan yang tahu password nya hanya pihak mereka saja. Atau bisa jadi alasan mengapa kamu ingin menghapus paksa Mi Cloud ini yakni kamu menemukan si Mido ini tergeletak dengan indah nya di pinggir jalan atau di kantin sekolah sehingga hasrat untuk memiliki dan merawatnya muncul dari dalam hati yang paling dalam namun sayangnya ketika ingin memakainya ternyata terkunci oleh akun Mi Cloud pemilik ponsel tersebut. #Ngaku

Cara Bypass Mi Cloud Redmi Note 4X Mido Gratis & Ampuh

Untuk kasus yang saya alami, saya terpaksa melakukan bypass akun Mi Cloud di smartphone sejuta umat ini karena kasihan melihat tetangga samping rumah saya tidak bisa menggunakan smartphone nya lagi akibat akun Mi nya ingin dimatikan namun lupa dengan password nya. Atas saran dari teman sekolah nya, ia melakukan factory reset atau wipe data lewat Recovery Mode dan hasilnya ketika Redmi Note 4X nya menyala justru muncul peringatan "This device is locked. This device is associated with an existing Mi Account. For security reasons, you need to enter password to verify the device. Activate this device or open Wi-Fi settings".

Beberapa hari setelah smartphone nya terkunci Mi Cloud, tetangga saya yang masih duduk di bangku SMK itu datang kerumah membawa Mido nya. Dengan sigap langsung saya lakukan flashing ulang ROM nya memakai ROM fastboot global stable versi terbaru dengan harapan akun Mi nya hilang (ikut terhapus dengan ROM yang lama). Namun siapa sangka, sistem nya memang berubah dari MIUI 8 ke MIUI 9 terbaru tapi dialog aktivasi Mi Cloud nya masih ada.

Saya langsung masuk ke forum-forum Redmi Note 4X baik di sosial media atau yang lain untuk mencari kasus serupa. Beberapa blog yang membahas masalah ini saya kunjungi dan di salah satu artikel ada yang testimonial nya cukup banyak dan katanya berhasil memakai cara yang diberikan blog tersebut. Walhasil langsung saja saya menghubungi pemilik blog yang dimaksud karena file yang dipakai untuk melakukan bypass Mido ini diproteksi sedangkan jika ingin mengetahui password nya harus menghubungi si pemilik blog.

Dengan lugunya saya menanyakan seputar password file bypass kepada pemilik blog melalui WhatsApp. Kira-kira jawabannya seperti ini:

Cara Bypass Mi Cloud Redmi Note 4X Mido Gratis & Ampuh

Saya tercengang sesaat setelah membaca pesan tersebut. Dalam hati saya, ini harus bayar? Duh gusti ROM official buatan Xiaomi aja di forum gratis semua loh. Custom ROM juga bebas mau dipakai siapa aja tanpa ngeluarin dana. Sejauh ini saya memang tidak pernah menemui kejadian seperti yang tetangga saya alami. Kalau smartphone Android saya bermasalah, biasanya di forum-forum selalu ada pemecahan solusinya. Tapi tidak memakai donasi semacam ini.

Saya tidak kenal dengan pemilik blog tersebut. Asal-usul file bypass Mi Cloud Redmi Note 4X yang dikomersilkan itu juga saya tidak tahu. Entah apakah ia membuat sendiri file tersebut atau dulunya ia mendapatkan file itu dengan cara membeli juga saya kurang paham. Yang jelas karena disini saya hanya ingin membantu tetangga saya agar bisa memakai ponsel kesayangannya lagi, sepertinya saya tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Ya to?

Xiaomi kesayanganmu boros baterai dan sering ngedrop? Baca artikel Tutorial Cara Mengatasi Baterai Xiaomi Boros Dan Cepat Habis Paling Ampuh Terbaru

Cara bobol Mi Cloud Redmi Note 4 SD / 4X Mido paling lengkap, gratis dan ampuh untuk diterapkan

Baca sampai habis sebelum mempraktekkannya. Singkat kok.

Hal-hal yang diperlukan sebelum mengikuti tutorial ini antara lain:
  • Persiapkan pinset atau peniti atau jarum untuk melakukan test point. Kalau bisa pakai pinset karena lebih mudah ketika menempelkannya ke titik test point
  • Persiapkan kabel data USB original bawaan Xiaomi yang kondisinya masih bagus dan tidak mudah disconnect dengan sendirinya. Karena akan fatal akibatnya jika kabel data USB putus nyambung terus-menerus ketika proses flashing sedang berlangsung
  • Unduh ROM fastboot yang akan dipakai untuk melakukan bypass Mi account Redmi Note 4X disini kemudian ekstrak di komputer / laptop milikmu
  • Unduh driver Qualcomm HS-USB QDLoader agar ponselmu bisa terbaca di Windows ketika masuk ke EDL mode disini kemudian install di komputer / laptop milikmu
  • Unduh Mi Flash Tool yang akan digunakan untuk flashing ROM fastboot Redmi Note 4 SD disini lalu install di komputer / laptop milikmu. Untuk versi nya kamu bisa memilih sesuka hati. Disarankan memilih versi yang paling baru (20170425 atau atasnya lagi) karena lebih stabil dan cocok untuk ponsel Xiaomi keluaran terbaru
Xiaomi Redmi Note 4 Snapdragon a.k.a Mido yang di uji coba memiliki spesifikasi RAM 4GB dengan memori internal 64GB. Smartphone tersebut belum di root, belum install custom recovery seperti TWRP, bahkan unlock bootloader saja juga belum.

Cara menjebol Mi Cloud yang akan kita lakukan kali ini yakni dengan memasang ROM Xiaomi versi lama. Dengan menggunakan ROM Xiaomi keluaran terdahulu, dialog aktivasi Mi account yang selalu keluar ketika Redmi Note 4X sudah booting akan hilang dengan sendirinya. Lalu, ketika kita sudah di tahap tersebut, langkah yang perlu dilakukan tinggal login ke akun Mi milikmu sendiri dan beres. Kamu pun bisa dengan leluasa melakukan flashing ROM Mido lagi ke versi yang paling baru.

Tentu kalian tahu satu-satunya cara flashing ulang Xiaomi ketika ponsel masih dalam status locked bootloader yakni melalui EDL mode. Kalau Redmi Note 3 PRO, cara masuk EDL mode nya mudah sekali yakni dengan bantuan tool atau melalui perintah command prompt saja. Sedangkan kalau di Redmi Note 4X harus melalui jalur test point.

Belum tahu cara pasang tema MIUI berformat MTZ? Tiap mau pasang selalu muncul error Rejected 402? Baca artikel Cara Pasang Tema MIUI MTZ Di Xiaomi Termudah Tanpa Error Terbaru untuk menemukan solusinya
Cara Bypass Mi Cloud Redmi Note 4X Mido Gratis & Ampuh

Gambar kotak merah diatas merupakan titik test point yang akan dipakai untuk masuk ke EDL mode. Kalian perlu membuka casing belakang ponsel ini untuk menjangkaunya. Tenang, tidak menghanguskan garansi karena tidak ada segel satu pun yang tersentuh dan juga bisa dijamin aman untuk ponselmu itu.

Cara membuka casing belakang Redmi Note 4X cukup mudah. Congkel sedikit bagian pinggir casing menggunakan bekas SIM card yang tidak dipakai atau bisa juga menggunakan kuku (dengan resiko kuku kalian rusak seperti yang saya alami ketika membuka casing belakang si Mido ini). Setelah celah terbuka, tarik memutari seluruh casing hingga pengunci casing dalam terlepas semua.

Cara Bypass Mi Cloud Redmi Note 4X Mido Gratis & Ampuh

Saat memperbaiki ponsel ini saya memakai Windows 7 64 bit. Agar setelah Mido masuk ke EDL mode nanti terdeteksi di Windows 7, kalian perlu mengaktifkan fitur Disable Driver Signature Enforcement.

Cara mengaktifkan fitur Disable Driver Signature Enforcement, dalam keadaan komputer / laptop mati tekan tombol power untuk menghidupkannya. Sesaat setelah logo brand komputer / laptop kamu muncul (misal ASUS), tekan tombol F8 berkali-kali hingga muncul menu seperti yang ada pada gambar diatas, lalu pilih Disable Driver Signature Enforcement. Untuk versi Windows 8 dan Windows 10 mungkin caranya berbeda. Jika kalian tidak tahu, cari referensi di internet.

Cara Bypass Mi Cloud Redmi Note 4X Mido Gratis & Ampuh

Matikan Redmi Note 4X milikmu, kemudian pasang kabel data USB original ke ponselmu itu. Untuk ujung kabel data yang lain jangan disambung ke komputer / laptop terlebih dahulu.

Setelah komputer / laptop yang kamu pakai masuk ke desktop dengan kondisi Driver Signature Enforcement ter-disable, letakkan ujung pinset ke kedua test point yang sudah di tentukan tadi (seperti yang terlihat pada gambar diatas). Setelah dirasa posisinya menempel dengan baik, sambungkan kabel data USB ke komputer / laptop.

Pastikan smartphone milikmu tetap dalam kondisi mati dan di komputer / laptop milikmu terdengar bunyi notifikasi yang menandakan port USB ponsel Xiaomi milikmu sudah tersambung dengan benar.

Cara Bypass Mi Cloud Redmi Note 4X Mido Gratis & Ampuh

Lihat di aplikasi Device Manager. Jika memang sudah tersambung, seharusnya disana akan ada port Qualcomm HS-USB QDLoader yang terbaca tanpa ada warning di depannya. Jika ada simbol warning, bisa dipastikan komputer / laptop yang kamu pakai belum men-disable Driver Signature Enforcement.

Cara Bypass Mi Cloud Redmi Note 4X Mido Gratis & Ampuh

Untuk steps yang ini sebetulnya tidak perlu dijelaskan karena pasti kalian sudah pernah melakukan flashing ROM fastboot Xiaomi sebelumnya sehingga cara mengoperasikan Mi Flash Tool pun seharusnya kalian sudah mahir.

Secara singkat, cara flashing ROM untuk bypass Mi Cloud di Xiaomi Redmi Note 4X sebagai berikut:
  • Buka software Mi Flash Tool yang sudah kalian install
  • Tekan tombol refresh (kotak warna kuning) yang ada di sisi kanan atas software flasher ini. Pastikan setelah itu Redmi Note 4X milikmu terdeteksi port nya sebagai COM (bisa COM berapapun (sebagai contoh COM20 (kotak warna biru)))
  • Tekan tombol select (kotak warna merah) di pojok kiri atas lalu cari lokasi tempat kamu menyimpan ROM fastboot yang sudah di ekstrak sebelumnya. Setelah ketemu, pilih folder ROM fastboot tersebut lalu tekan OK
  • Pilih menu clean all (kotak warna pink) yang ada di sisi kanan bawah Mi Flash Tool
  • Tekan tombol flash (kotak warna hijau) untuk memulai flashing ROM fastboot
  • Tunggu hingga proses flashing selesai
Biasanya proses flashing ROM Xiaomi memakan waktu antara 5 menit sampai 10 menit atau bisa jadi lebih (tergantung besar kecilnya ukuran firmware yang di flash). Setelah result flashing nya success, cabut kabel data USB yang tersambung kemudian nyalakan Redmi Note 4X milikmu.

Cara Bypass Mi Cloud Redmi Note 4X Mido Gratis & Ampuh

Setelah ponselmu berhasil menyala tanpa ada kendala apapun, lakukan konfigurasi seperlunya lalu segera sign in ke akun Mi milikmu sendiri. Jika semuanya normal, itu artinya selamat kamu berhasil menghapus akun Mi Cloud yang mendiami Redmi Note 4X milikmu selama ini! Yeeeeeey!

Itulah tutorial cara bypass Mi account atau Mi Cloud di Redmi Note SD / 4X alias Mido paling lengkap dan gratis tanpa donasi-donasian yang bisa kamu coba. Mohon maaf jika ada salah kata / ada pihak yang tersinggung terkait artikel tutorial yang saya tulis ini. Step by step yang diberikan diatas murni dialami penulis sendiri sehingga tutorial ini bisa dipastikan valid.

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan
Apakah aman bypass Mi Cloud Redmi Note 4X Mido menggunakan cara ini? Sangat aman. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan mengingat bahan yang kita gunakan hanya sebuah ROM saja tanpa ada modifikasi lain
Apakah Mi Cloud akan kembali terkunci setelah melakukan bypass menggunakan cara ini? Tidak. Setelah Mi Cloud berhasil di bypass, segera login menggunakan akun Mi Cloud lain sebelum melakukan flashing ulang memakai ROM versi terbaru
Apakah sensor Redmi Note 4X Mido aman setelah melakukan bypass Mi Cloud menggunakan cara ini? Aman. Tidak ada yang bermasalah sama sekali

Isi kolom komentar dibawah ini jika ada hal yang kurang jelas atau ada yang ingin kamu tanyakan. Jangan sungkan untuk request tutorial seputar Android apapun jika kamu membutuhkannya. Terakhir, share artikel ini dari menu yang sudah disediakan jika menurutmu berguna untuk orang lain. Terima kasih.

Ingin menikmati fitur premium suatu aplikasi tapi gak punya duit untuk beli? Gampang, baca artikel Cara Membuat Aplikasi Android Menjadi Premium Secara Gratis Terbaru
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar