Type something and hit enter

By On
Cara Flash ROM Fastboot Xiaomi Tanpa Mi Flash Tool Terbaru

Cara Flash ROM Fastboot Xiaomi Tanpa Mi Flash Tool Terbaru - Banyak pengguna smartphone Xiaomi yang sering mengalami kendala ketika hendak melakukan flashing ROM MIUI. Umumnya, kendala yang ditemui berhubungan dengan Mi Flash Tool yang tidak bisa melakukan flashing, muncul pesan Unspecified error (0xffffffff), Unspecified error(0x80004004: FAILED (remote: device is locked. Cannot flash images)), error mismatched image, dan lain-lain.

Mi Flash Tool merupakan satu-satunya tool official buatan Xiaomi yang berfungsi untuk melakukan flashing ROM fastboot. Biasanya pengguna smartphone Xiaomi melakukan flashing ini ketika mengalami kendala yang berkaitan dengan sistem (entah itu soft brick, hard brick, bootloop) atau sekedar ingin memperbarui MIUI mereka seperti sedia kala.

Saya pribadi sering melakukan flashing ROM fastboot MIUI official. Kebiasaan saya mencoba berbagai macam custom ROM baru pada akhirnya memaksa saya kembali memakai ROM official lagi karena alasan tertentu. Memang, semua ROM Android memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang jelas untuk urusan kestabilan, ROM official lah juaranya.

Beberapa kali saya mengalami kendala ketika flashing Xiaomi menggunakan Mi Flash Tool, salah satunya muncul pesan unspecified error setiap kali saya memulai proses flashing. Kendala tersebut benar adanya karena sudah dikonfirmasi oleh developer Xiaomi sebagai bug. Solusinya, cukup pakai Mi Flash Tool versi terbaru maka error tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Suatu ketika saya beralih menggunakan sistem operasi Ubuntu yang mana Mi Flash Tool buatan Xiaomi hanya dikhususkan untuk Windows versi 64 bit saja. Tentu hal itu cukup merepotkan jika suatu saat saya ingin melakukan flashing ROM fastboot MIUI namun di laptop saya tidak terpasang sistem operasi Windows.

Singkat cerita, beruntung saya menemukan sebuah alternatif cara flash ROM fastboot Xiaomi tanpa menggunakan Mi Flash Tool. Cara tersebut yakni dengan metode flashing manual via command prompt Windows atau Terminal Linux / Ubuntu tanpa bantuan software apapun. Jadi, cukup dengan menyiapkan ekstensi ADB & Fastboot serta ROM fastboot MIUI saja lalu tinggal masukkan beberapa baris perintah untuk flashing system maka smartphone Xiaomi milikmu akan langsung terpasang ROM MIUI baru.

Ikuti step by step dibawah ini jika kamu sedang mencari cara flashing ROM official Xiaomi tanpa Mi Flash Tool.

Baca artikel Download Koleksi Tema Naruto MTZ MIUI Untuk Xiaomi Terbaru untuk melihat koleksi tema Naruto MTZ terbaru khusus MIUI (Xiaomi) kesayanganmu

Langkah-langkah cara flash ROM fastboot Xiaomi manual tanpa Mi Flash Tool

Cara Flash ROM Fastboot Xiaomi Tanpa Mi Flash Tool Terbaru
  • Unduh ADB Kit disini. Di dalam ADB Kit terdapat empat file, antara lain adb.exe, AdbWinApi.dll, AdbWinUsbApi.dll, dan fastboot.exe. Ekstrak keempat file tersebut di folder images di dalam ROM fastboot yang sudah kamu ekstrak sebelumnya
  • Unduh Mi PC Suite sebagai opsi jika Xiaomi milikmu tidak terbaca di komputer / laptop disini kemudian install
  • Matikan smartphone Xiaomi milikmu kemudian masuk ke fastboot mode. Caranya, setelah smartphone mati, tekan dan tahan tombol volume bawah + tombol power selama beberapa detik sampai muncul tulisan fastboot mode
  • Buka folder images hasil ekstrakan ROM fastboot
Cara Flash ROM Fastboot Xiaomi Tanpa Mi Flash Tool Terbaru
  • Tekan tombol shift + klik kanan lalu pilih menu "Open command window here"
Cara Flash ROM Fastboot Xiaomi Tanpa Mi Flash Tool Terbaru
  • Ketik perintah fastboot devices untuk memeriksa apakah Xiaomi milikmu sudah tersambung ke komputer / laptop atau belum. Jika sudah, lanjut ke proses berikutnya. Jika belum, install Mi PC Suite / driver Xiaomi
Cara Flash ROM Fastboot Xiaomi Tanpa Mi Flash Tool Terbaru
  • Jalankan perintah berikut secara berurutan. Khusus yang berwarna merah, jalankan perintah tersebut jika kamu ingin menghapus seluruh data memori internal kamu / factory reset.
fastboot flash system system.img
fastboot flash boot boot.img
fastboot flash recovery recovery.img
fastboot flash cache cache.img
fastboot erase userdata
fastboot flash userdata userdata.img
fastboot reboot
Setelah perintah yang terakhir kamu jalankan, tunggu beberapa menit sampai smartphone Xiaomi mu menyala dengan kondisi memakai ROM baru sesuai pilihanmu.

Selesai.

Demikian tutorial cara flash ROM fastboot Xiaomi manual tanpa menggunakan Mi Flash Tool terbaru yang bisa kamu coba. Tutorial diatas bisa dieksekusi hanya dalam waktu sekitar 5 menit, tergantung ukuran ROM yang di flash. Yang terpenting pahami tutorial nya dari awal hingga akhir sebelum mengeksekusinya.

Isi kolom komentar dibawah jika ada hal yang kurang jelas atau ada yang ingin kamu tanyakan. Jangan sungkan untuk request tutorial serupa jika kamu membutuhkannya.

Semoga bermanfaat.

Xiaomi kesayanganmu boros baterai dan sering ngedrop? Baca artikel Tutorial Cara Mengatasi Baterai Xiaomi Boros Dan Cepat Habis Paling Ampuh Terbaru untuk memperbaikinya