--> Skip to main content

Cara Mengatasi Layar Burn-In Di Seluruh Xiaomi Terbaru

Cara Mengatasi Dan Memperbaiki Layar Burn-In Di Seluruh Smartphone Xiaomi Paling Ampuh Terbaru

Cara Mengatasi Layar Burn-In Di Seluruh Xiaomi Terbaru - Xiaomi terkenal mahir dalam meracik smartphone dengan spesifikasi yang unggul namun dibanderol dengan harga yang ramah di kantong. Permasalahannya, cukup banyak pengguna yang merasa kecewa dengan apa yang ia dapat ketika memakai ponsel Xiaomi untuk penggunaan sehari-hari. Salah satunya yang sudah sangat umum dibahas di berbagai forum yakni isu screen burn-in pada smartphone mid-range Xiaomi seperti Mi A1 dan Redmi Note 4.

Screen burn-in, screen ghosting, atau layar terbakar terjadi ketika kamu membuka sebuah aplikasi dalam waktu yang cukup lama, kemudian ketika kamu keluar dari aplikasi tersebut, gambar tampilan aplikasi yang sebelumnya di buka tetap terlihat di layar. Mungkin gambar hanya akan terlihat beberapa saat saja, setelah itu perlahan-lahan akan hilang dengan sendirinya.

Screen burn-in bukan berarti layar smartphone Android Xiaomi milikmu terbakar secara fisik. Untuk pemakaian normal pun juga sebetulnya tidak memberikan dampak yang signifikan. Hanya saja jika hal itu terjadi terus-menerus, tentu bisa membuat kenyamanan pengguna terganggu.

Hingga sekarang masih banyak perdebatan yang mempertanyakan apakah screen burn-in ini muncul akibat faktor hardware atau software. Well, secara prinsip, seluruh smartphone Android pasti menggunakan layar LCD. Namun tidak semua mengalami masalah retensi gambar alias screen burn-in semacam ini. Faktanya, isu 'layar terbakar' bisa diakali dengan menggunakan aplikasi yang dibuat khusus untuk mengatasi screen burn-in di ponsel Android. Jadi sudah jelas bahwa kasus ini sebetulnya terjadi akibat produsen (dalam hal ini Xiaomi) kurang maksimal dalam melakukan kalibrasi display smartphone buatan mereka.

Sejujurnya saya pribadi selama memakai smartphone Xiaomi mulai dari Redmi 1S, Redmi Note 4G, Redmi Note 3 PRO, Redmi 5A, sampai Redmi Note 5 belum pernah sekalipun mengalami kasus diatas. Justru salah satu teman saya yang pada akhir tahun 2017 lalu membeli Redmi Note 4 belakangan ini mengalami screen burn-in.

Ingin tampilan WhatsApp mu menjadi ala iPhone X? Gampang. Baca artikel Cara Pasang WhatsApp MOD Ala iPhone X di Android Tanpa Root Terbaru

Cara Mengatasi Dan Memperbaiki Layar Burn-In Di Seluruh Smartphone Xiaomi Paling Ampuh Terbaru

Note: Meski pada artikel ini yang dibahas seputar burn-in pada smartphone buatan Xiaomi, kamu juga bisa mengaplikasikannya ke ponsel Android buatan brand lain. Untuk selengkapnya simak ulasan berikut.

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa layar burn-in terjadi ketika pengguna berlama-lama pada satu tampilan halaman aplikasi saja. Beberapa cara mengatasi kasus ini yang bisa kita coba dengan mudah diantaranya:

1. Atur kecerahan / brightness
Bisa dipastikan seluruh smartphone Android memiliki fitur Adaptive Brightness atau Automatic Brightness, termasuk smartphone Xiaomi. Fitur ini berguna untuk mengubah kecerahan layar mengikuti pencahayaan yang ada di lingkungan sekitar secara otomatis.

Mengatur brightness ke tingkat tertentu sesuai dengan kondisi cahaya yang ada terbukti bisa mengurangi efek burn-in yang sering muncul. Sayangnya, fitur kecerahan otomatis ini biasanya tidak berjalan sesuai ekspektasi. Terkadang di kondisi kurang cahaya justru layar menjadi amat sangat terang, sedangkan dikondisi kurang cahaya layar menjadi sangat gelap.

Untuk mengatasi hal itu, kamu bisa mencoba aplikasi pihak ketiga untuk mengatur kecerahan layar. Beberapa aplikasi pengatur brightness Android terbaik yang bisa kamu coba antara lain:
Cara Mengatasi Dan Memperbaiki Layar Burn-In Di Seluruh Smartphone Xiaomi Paling Ampuh Terbaru

Xiaomi kesayanganmu boros baterai dan sering ngedrop? Baca artikel Tutorial Cara Mengatasi Baterai Xiaomi Boros Dan Cepat Habis Paling Ampuh Terbaru
2. Kurangi screen timeout
Mengurangi screen timeout bertujuan agar layar ponselmu bisa padam dengan cepat. Secara logika, semakin cepat layar mati maka stress yang diterima panel display juga akan berkurang sehingga bisa menghambat screen burn-in yang biasa terjadi.

Kurangi screen timeout smartphone Xiaomi milikmu antara 15 detik sampai 30 detik. Saya pribadi biasanya hanya 15 detik saja dan itu sudah cukup lama sebetulnya.

3. Mengatasi 'layar terbakar' dengan aplikasi
Jika diatas tadi kita menggunakan aplikasi tambahan untuk mengatur brightness, kali ini kita menggunakan aplikasi lain yang memang dibuat untuk memperbaiki burn-in pada layar, namanya LCD Burn-in Wiper. Cara kerja aplikasi ini secara umum yaitu melakukan stress test pada layar selama kurun waktu tertentu.

Ketika aplikasi LCD Burn-in Wiper ini bekerja, layar Android milikmu akan berubah-ubah warnanya dari yang awalnya merah berubah menjadi biru lalu kuning dan seterusnya. Dengan melakukan stress test ini selama beberapa saat, layar ponselmu yang sebelumnya burn-in akan pulih dengan sendirinya.

Unduh aplikasi tersebut disini: LCD Burn-in Wiper v5.0 APK

Cara Mengatasi Dan Memperbaiki Layar Burn-In Di Seluruh Smartphone Xiaomi Paling Ampuh Terbaru

Baik, itu saja cara mengatasi dan memperbaiki screen burn-in / ghosting di smartphone Xiaomi dan ponsel Android lain yang bisa kamu coba. Cara diatas sudah diuji di ponsel Xiaomi yang mengalami burn-in hebat dan beruntungnya bisa langsung teratasi saat itu juga tanpa menunggu waktu lama.

Sebetulnya masih ada cara lain lagi yang bisa kamu lakukan, diantaranya memperbarui ROM ke versi paling akhir, mengganti custom ROM yang lebih stabil dan memiliki fitur control display, melakukan tweaking kernel, dan lain sebagainya. Namun dalam banyak kasus, tiga cara yang sudah disebutkan diatas terbukti manjur dalam mengatasi screen burn-in yang membandel.

Isi kolom komentar dibawah jika ada hal yang ingin kamu tanyakan. Jangan sungkan untuk request tutorial Android serupa jika kamu membutuhkannya. Satu lagi, share artikel ini menggunakan tombol sharing yang tersedia jika menurutmu berguna.

Bingung akhir-akhir ini gak bisa login Spotify Premium Mod? Baca Cara Memperbaiki Spotify Premium Mod Tidak Bisa Login Paling Mudah Terbaru
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar