Type something and hit enter

By On
Cara Memperbaiki Ghost Touch Xiaomi Pocophone F1 Paling Ampuh

Cara Memperbaiki Ghost Touch Xiaomi Pocophone F1 Paling Ampuh - Banyak pengguna melaporkan bahwa Pocophone F1 milik mereka mempunyai display malfunction yakni ghost touch. Ghost touch merupakan sebuah error yang efeknya membuat layar pengguna tersentuh sendiri di beberapa titik meski mereka tidak sedang menyentuhnya atau bisa juga terjadi ketika pengguna sedang menyentuh titik layar yang lain.

Biasanya ghost touch juga dibarengi dengan error multi touch yang membuat pengguna seolah-olah sedang menekan layar di banyak titik, padahal tidak. Jadi bisa dibayangkan betapa mengganggunya masalah ini jika pemilik sedang menggunakan ponsel nya untuk aktifitas padat seperti bermain game. Bisa-bisa munculnya ghost touch bikin batal chicken dinner karena salah tembak.

Jika kamu merupakan salah satu diantara pengguna Pocophone F1 yang mengalami isu tersebut, baca artikel dibawah ini sampai selesai.

Xiaomi kesayanganmu boros baterai dan sering ngedrop? Baca artikel Tutorial Cara Mengatasi Baterai Xiaomi Boros Dan Cepat Habis Paling Ampuh Terbaru

Cara Mendeteksi Sekaligus Memperbaiki Ghost Touch Dan Multi Touch Di Xiaomi Pocophone F1

Berikut ini step by step yang bisa kamu coba untuk mendeteksi serta memperbaiki layar Pocophone F1 milikmu yang error karena ghost touch.
  • Pertama, unduh aplikasi MultiTouch Tester disini lalu install di smartphone Android milikmu
  • Kedua, jalankan aplikasi MultiTouch Tester
  • Sentuh layar Pocophone F1 milikmu menggunakan beberapa jari di titik yang berbeda untuk memastikan kalau smartphone yang kamu gunakan itu benar-benar ada ghost touch nya. Ulangi beberapa kali dengan menggunakan kombinasi jari yang berbeda, misal satu jari lalu ditambah satu jari lain dan seterusnya
  • Jika pada saat kamu menyentuh titik tertentu lalu muncul sentuhan di titik lain yang tidak kamu sentuh, itu tandanya ponselmu terjangkit ghost touch. Namun, jika pada saat kamu menyentuh titik tertentu tidak ditemukan sentuhan di titik lain, maka artinya Pocophone F1 yang kamu pakai bebas dari ghost touch
Untuk memperbaiki masalah ghost touch, kita perlu mencari tahu apa yang menyebabkan isu ini muncul. Belum tentu ghost touch diakibatkan oleh layar LCD yang rusak atau cacat karena sebetulnya munculnya ghost touch bisa diakibatkan oleh bug software.

Beberapa orang mengatakan bahwa isu ghost touch di Pocophone F1 muncul akibat bug dari fitur screenshot capture. Pasalnya, ketika fitur ini aktif, dalam kondisi tertentu sentuhan dari tangan pengguna menjadi kacau dan sistem tidak bisa mengenali sentuhan dengan benar sehingga pengguna akan mendapati titik-titik sentuhan di lokasi yang tidak seharusnya.

Ingin downgrade MIUI 10 ke MIUI 9 atau dibawahnya lagi dengan aman? Baca artikel Cara Downgrade / Roll Back MIUI 10 ke MIUI 9 Semua Xiaomi Terbaru
Untuk menyiasati bug dari screenshot capture tersebut, ikuti cara simple dibawah ini.
  • Buka aplikasi Settings lalu pilih Additional settings
  • Buka menu Button and gesture shortcuts
  • Pilih menu Take a screenshot
  • Rubah menjadi None
  • Reboot Pocophone F1 milikmu
Selesai.

Pada umumnya hanya dengan menggunakan cara tersebut Pocophone F1 milikmu bisa terbebas dari ghost touch yang mengganggu. Namun jika setelah mengikuti beberapa langkah sederhana diatas tidak membuahkan hasil, opsi selanjutnya mungkin kamu perlu pergi ke service center untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Demikian tutorial singkat mengenai cara memperbaiki bug ghost touch dan multi touch yang ada pada Xiaomi Pocophone F1. Isi kolom komentar dibawah jika ada hal yang kurang jelas atau ada yang ingin kamu tanyakan. Jangan sungkan untuk request tutorial Android serupa jika kamu membutuhkannya. Terakhir, share artikel ini jika menurutmu berguna untuk orang lain. Terima kasih.

Ingin tampilan WhatsApp mu menjadi ala iPhone X? Gampang. Baca artikel Cara Pasang WhatsApp MOD Ala iPhone X di Android Tanpa Root Terbaru