Cara Menghilangkan Error Insufficient Storage Available Dan Menambah Kapasitas Internal Android - Yuusroon
Blogger Jateng

Cara Menghilangkan Error Insufficient Storage Available Dan Menambah Kapasitas Internal Android

Cara Menghilangkan Error "Insufficient Storage Available" Dan Menambah Kapasitas Internal Android

Cara Menghilangkan Error "Insufficient Storage Available" Dan Menambah Kapasitas Internal Android - Pengguna Android, jika kalian melihat pesan insufficient storage available ketika hendak mengunduh suatu aplikasi di Play Store tak perlu panik karena hal itu lumrah dialami oleh seluruh pengguna smartphone.

Pesan insufficient storage available (jika di Indonesia-kan 'penyimpanan yang tersedia tidak cukup') sering kali muncul di Google Play Store yang mengisyaratkan pengguna diharuskan menambah space storage memori internal smartphone nya agar lebih lapang ketika dimasuki aplikasi baru.

Terkadang pengguna Android bingung dengan smartphone miliknya karena ia merasa memori internal nya masih cukup banyak untuk dijejali beberapa aplikasi namun di Google Play Store selalu saja muncul pesan insufficient storage available tanpa sebab yang jelas.

Ingin menikmati fitur premium suatu aplikasi tapi gak punya duit untuk beli? Gampang, baca artikel Cara Membuat Aplikasi Android Menjadi Premium Secara Gratis Terbaru
Pada dasarnya hal tersebut bukan merupakan kesalahan pengguna karena Google Play Store mempunyai memory limit berkisar 500 MB ketika user ingin menginstall suatu aplikasi baru. Artinya, jika memori internal pengguna kurang dari 500 MB, pengguna akan mendapatkan pesan error tersebut.

Meski demikian, faktor diatas belum sepenuhnya menjadi penyebab munculnya error ini. Insufficient storage available tidak berlaku bagi user yang menginstall aplikasi melalui APK installer (kecuali jika space internal smartphone tersebut memang benar-benar sudah menipis).

Berikut ini beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan untuk memperbaiki dan menghilangkan pesan insufficient storage available yang sering muncul serta upaya yang dapat dilakukan untuk menambah space memori internal Android.

Cara Menghilangkan Error "insufficient storage available" & Menambah Kapasitas Internal Android

Yang akan kita lakukan pertama kali yakni memeriksa ketersediaan space memori Android. Masuk ke Settings < Storage, periksa data Available space dan Cached data.

Cara Menghilangkan Error "Insufficient Storage Available" Dan Menambah Kapasitas Internal Android

Perhatikan gambar diatas. Pada kasus ini, pengguna masih memiliki cukup banyak Available space yakni berkisar 1,15 GB (32 GB dikurangi 30,85 GB). Kemungkinan besar pengguna tidak akan mendapati kendala apapun ketika mengunduh suatu aplikasi di Google Play Store kecuali jika yang diunduh berupa game yang memangkas banyak memori (lebih dari 1 GB) dan sebagainya.

Namun perlu diperhatikan juga bahwa di smartphone tersebut pasti menyimpan cache yang jumlahnya bisa sedikit atau banyak. Cache yang menumpuk banyak dapat menghambat performa Android dan terkadang menjadi penyebab munculnya error-error yang tidak jelas asal muasalnya.

Selain cache, biasanya faktor memori internal Android penuh dipengaruhi oleh foto dan video yang tersimpan di memori internal. Tidak jarang aplikasi bawaan kamera dan third party secara default menyimpan hasil foto tidak di memori eksternal yang mengakibatkan memori internal menjadi penuh.
Ikuti steps dibawah ini jika pengguna mendapati error insufficient storage available atau memiliki cached data yang menumpuk banyak.
  • Unduh aplikasi Fast Cleaner APK lalu install. Aplikasi ini berguna untuk scanning cache seluruh aplikasi yang terinstall dan menghapusnya dalam satu kali klik
  • Buka aplikasi Fast Cleaner
Cara Menghilangkan Error "Insufficient Storage Available" Dan Menambah Kapasitas Internal Android
  • Tahap pertama, aplikasi Fast Cleaner akan melakukan scanning seluruh aplikasi. Proses scanning ini tidak membutuhkan waktu lama, hanya beberapa detik saja
  • Setelah proses scanning selesai, pada layar bagian atas akan muncul seberapa banyak cache menumpuk yang bisa dihapus. Pada kasus ini, cache yang bisa dibersihkan sekitar 322,61 MB. Pada kasus tertentu, cache bisa menumpuk sampai bergiga-giga jumlahnya
  • Untuk menghapus seluruh cache tadi, tekan icon bergambar sapu di sebelah kanan total cache tadi
Cara Menghilangkan Error "Insufficient Storage Available" Dan Menambah Kapasitas Internal Android
  • Kembali ke Settings < Storage lalu tunggu beberapa saat sampai detail data storage muncul. Dari yang sebelumnya 30,85 GB, used storage berkurang menjadi 30,60 GB setelah seluruh cache dibersihkan
Cara Menghilangkan Error "Insufficient Storage Available" Dan Menambah Kapasitas Internal Android

Seperti itulah step by step menghapus cache untuk menambah kapasitas internal memori Android dan menghilangkan problem insufficient storage available. Setelah available space mencukupi, bisa dipastikan pengguna tidak akan mengalami masalah ketika ingin mengunduh suatu aplikasi di Google Play Store.

Isi kolom komentar dibawah jika ada hal yang kurang jelas atau ada yang ingin kamu tanyakan. Jangan sungkan untuk request tutorial Android serupa jika kamu membutuhkannya. Terakhir, share artikel ini dari menu yang sudah disediakan jika menurutmu bermanfaat untuk orang lain. Terima kasih.

Ingin downgrade MIUI 10 ke MIUI 9 atau dibawahnya lagi dengan aman? Baca artikel Cara Downgrade / Roll Back MIUI 10 ke MIUI 9 Semua Xiaomi Terbaru