-->

Type something and hit enter

By On
Tutorial Lengkap Cara Unlock Bootloader, Flash TWRP Dan Root Poco X3 Pro (Vayu) - Xiaomi Poco X3 Pro (Vayu) merupakan ponsel gaming terbaik yang bisa kamu beli dengan harga paling terjangkau di 2021 ini. Smartphone yang merupakan successor dari Poco X3 NFC ini bisa kamu peroleh dengan merogoh kocek Rp. 3.499.000 saja. Tak tanggung-tanggung, untuk sebuah ponsel flagship killer yang di banderol kurang dari empat juta rupiah, kamu akan mendapatkan sebuah perangkat dengan layar besar dan tajam, formasi empat kamera belakang yang mampu menghasilkan gambar yang jernih, serta processor flagship Snapdragon 860 yang mampu melibas game-game berat dengan mudah dan lancar.

Hadirnya Poco X3 Pro ini menimbulkan berbagai pro dan kontra di kalangan pecinta gadget. Ada banyak pendapat yang mengatakan bahwa Poco X3 Pro kurang diminati ketimbang Poco X3 NFC yang rilis pada akhir tahun 2020 lalu. Dikatakan bahwa upgrade dari Poco X3 NFC ke Poco X3 Pro tidak worth it karena prosesor Snapdragon 732G tidak kalah bagus dari segi performa untuk bermain game-game populer saat ini. Selain itu Poco X3 NFC dalam hal fotografi dinilai lebih ciamik berkat sensor Sony IMX682 yang lebih unggul daripada Sony IMX582 yang ada di Poco X3 Pro.

Memang, setiap orang mempunyai seleranya masing-masing. Ada orang yang lebih mementingkan desain ponsel kecil dan ringkas dengan layar AMOLED yang eye catching tanpa memerhatikan aspek lain, ada juga orang yang lebih mementingkan kualitas foto yang dihasilkan karena sesuai dengan hobi atau pekerjaannya, ada juga orang yang kesehariannya sangat intens bermain game sehingga meski ponsel nya segede gaban atau kamera nya burik, ia tidak akan terlalu menganggapnya sebagai masalah besar karena ia lebih mengedepankan performa smartphone nya itu.

Jadi masing-masing ada kelasnya tersendiri. Dan selalu ada yang dikorbankan untuk sebuah perangkat yang ditawarkan di range harga dibawah rata-rata. Untuk kaum mendang-mending, mohon pengertian dan kesadarannya.
Tutorial Cara Unlock Bootloader, Install TWRP Dan Root Poco X3 Pro

Sekilas Tentang Poco X3 Pro

Opini saya pribadi, buat kamu yang suka bermain game kompetitif, Poco X3 Pro sangat worth it untuk dimiliki dengan alasan tidak ada ponsel dari brand kompetitor yang mampu menyaingi spesifikasi Poco Vayu. Jika diurut kebelakang, Poco X3 Pro merupakan smartphone pertama Xiaomi dari sub brand Poco yang memiliki paket lengkap disemua sektor pendukung kegiatan bermain game di range harga menengah kebawah.

Sekilas tentang spesifikasi Poco X3 Pro, ponsel ini dilengkapi layar IPS sebesar 6.67" dengan refresh rate 120Hz dan sampling rate 240Hz serta perlindungan Corning Gorilla Glass 6. Refresh rate dan sampling rate yang tinggi dapat membuat sentuhan layar menjadi lebih responsif dan sensitif. Fitur display 120Hz yang ada di ponsel ini dapat membuat pengoperasian layar menjadi lebih halus dan licin. Dalam hal gaming, refresh rate 120Hz bisa digunakan di game-game populer seperti PUBG Mobile yang saat ini sudah mendukung frame rate 90fps.

Di bagian dapur pacu terdapat prosesor octa-core Snapdragon 860 dengan fabrikasi 7nm yang berjalan di 2.96Ghz. Pada rentang harga tiga jutaan, Dalam hal performa Poco X3 Pro merupakan penguasa yang tidak memiliki satu lawan pun di kelasnya. Kita bisa melihat salah satu ponsel dengan tenaga yang cukup buas di range harga tiga jutaan seperti Pocophone F1 yang harga baru nya sudah turun di angka sekitar 3,8 juta dibekali prosesor Snapdragon 845 yang sudah lumayan usang namun performanya masih terbilang oke di tahun 2021 ini. Jika dilakukan komparasi benchmark, Pocophone F1 tidak ada apa-apanya dibanding Poco X3 Pro. Dari segi harga kalah, display kalah, performa kalah, baterai juga masih kalah, padahal diawal rilisnya Pocophone F1 dijual seharga 4,5 juta rupiah BNIB untuk varian terendah.

Urusan daya, terdapat baterai tanam 5160mAh yang support fast charging 33W dan sudah Quick Charge 3.0 di Poco Vayu ini. Untuk menunjang bermain game, Poco masih menyediakan jack audio 3.5mm yang di zaman ini sudah mulai banyak ditinggalkan entah karena mengganggu desain ponsel atau yang lain. Satu lagi bonus yang diberikan kepada pengguna Poco X3 Pro yakni speaker ganda stereo yang suaranya menggelegar bak di bioskop berkat teknologi Hi-Res Audio.

Masih ada beberapa fitur lain yang dimiliki Poco Vayu seperti LiquidCool 1.0 Plus, storage UFS 3.1, Dual Video dan lain-lain namun tidak akan saya bahas karena sudah banyak yang mengulasnya di luar sana.

Langkah-Langkah Oprek Android Secara Umum

Sebagaimana kita ketahui bahwa proses kustomisasi Android atau yang biasa kita sebut dengan "Oprek Android" secara umum sebagai berikut :
  1. Melakukan unlock bootloader yang bertujuan membuka akses bootloader agar bisa dimodifikasi (Read-Only menjadi Read-Write)
  2. Memasang custom recovery seperti TWRP Recovery, OrangeFox, Pitch Black Recovery, Red Wolf Recovery dan lain-lain (tergantung ketersediaan untuk perangkat Android milikmu). Tujuan memasang custom recovery adalah untuk menggantikan stock recovery yang fiturnya sangat terbatas. Dengan memakai custom recovery, kamu bisa melakukan backup & restore ROM, wipe & format data, mount system & partisi / storage, serta melakukan instalasi custom ROM dan rooting Android
  3. (opsional) Memasang custom ROM. Kamu bisa melakukan unlock bootloader, memasang custom recovery lalu melakukan rooting Android tanpa memasang custom ROM. Apabila kamu ingin menggunakan custom ROM, maka proses tersebut bisa dilakukan setelah memasang custom recovery. Ketika custom ROM sudah berhasil terpasang, barulah kamu bisa melakukan rooting Android
  4. Rooting Android
Jadi, secara tidak langsung setelah kamu berhasil melakukan unlock bootloader itu sebetulnya sudah bisa dikatakan smartphone Android milikmu sudah di oprek. Biasanya untuk smartphone Android yang sudah di unlock bootloader akan nampak logo gembok terbuka pada waktu booting system. Kalau sudah unlock bootloader, maka kamu bisa dengan leluasa memodifikasi ponsel Android milikmu.

DISCLAIMER: Ikuti step by step dibawah ini untuk memulai proses oprek Poco X3 Pro. Baca dan pahami dengan seksama langkah-langkah yang diberikan dari awal hingga akhir. Jangan sampai ada tahapan yang terlewat meski hanya satu tahapan karena hal itu saling berkaitan dengan tahapan-tahapan selanjutnya. Segala kerusakan yang terjadi akibat kesalahan individu bukan menjadi tanggung jawab penulis. Tutorial dibawah ini dibuat sedetail mungkin agar mudah diikuti oleh pengguna awam maupun yang sudah mahir. Apabila kamu menemui masalah ketika mengikuti tutorial berikut, isi kolom komentar dibawah untuk berdiskusi dengan penulis.

A) Tutorial Lengkap Cara Unlock Bootloader Xiaomi Poco X3 Pro (Vayu)
Langkah-langkah unlock bootloader Poco X3 Pro bisa kamu baca di artikel Cara Unlock Bootloader Semua Xiaomi Terbaru Dengan Mudah. Perlu diperhatikan bahwa proses unlock bootloader akan menghapus seluruh data ponselmu. Jadi, pastikan kamu sudah membackup data-data penting seperti foto, video, dokumen dan lain-lain sebelum mengeksekusi tahap ini.

B) Tutorial Lengkap Cara Install TWRP Recovery Poco X3 Pro (Vayu)
Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk flash TWRP Recovery di Poco X3 Pro. Pastikan smartphone milikmu sudah dalam kondisi terunlock. Apabila kamu belum melakukan unlock bootloader, maka langkah-langkah dibawah ini tidak bisa kamu eksekusi. Untuk custom recovery yang akan kita pakai yakni TWRP Recovery karena untuk saat ini hanya custom recovery tersebut lah yang paling stabil dan bisa melakukan decrypt system di Poco Vayu.
  • Unduh ADB 64bit disini lalu ekstrak folder nya di komputermu. Usahakan untuk tidak menaruh hasil ekstrakannya ke dalam folder lagi agar memudahkan ketika melakukan eksekusi nanti
  • Unduh TWRP Recovery untuk Poco X3 Pro disini lalu taruh ke dalam folder ADB 64bit yang sudah kamu ekstrak. Pastikan kamu mengganti nama TWRP Recovery yang kamu unduh menjadi lebih ringkas, misal twrp.img
Tutorial Cara Unlock Bootloader, Install TWRP Dan Root Poco X3 Pro
  • Buka command prompt atau CMD. Caranya tekan tombol Windows + R lalu ketik "cmd" (tanpa tanda petik) pada kolom yang tersedia lalu enter. Apabila kamu kesulitan dalam membuka CMD, kamu bisa mencari langkah-langkahnya di internet
Tutorial Cara Unlock Bootloader, Install TWRP Dan Root Poco X3 Pro
  • Arahkan lokasi CMD ke folder ADB 64bit dengan perintah "cd <nama_folder>" (tanpa tanda petik) lalu enter. Apabila kamu kesulitan mencari lokasi folder, buka folder ADB 64bit lalu klik kanan kemudian pilih Copy address. Setelah itu paste di CMD dengan cara klik kanan dari CMD
Tutorial Cara Unlock Bootloader, Install TWRP Dan Root Poco X3 Pro

Tutorial Cara Unlock Bootloader, Install TWRP Dan Root Poco X3 Pro
  • Matikan Poco X3 Pro milikmu kemudian masuk ke fastboot mode. Caranya, dalam keadaan ponsel mati, tekan tombol volume bawah + tombol power secara bersamaan sampai muncul maskot MIUI diikuti teks fastboot. Setelah itu, sambung smartphone milikmu ke komputer menggunakan kabel data USB original
  • Ketik perintah "fastboot devices" (tanpa tanpa petik) lalu enter untuk memeriksa apakah ponselmu sudah terbaca sebagai fastboot atau belum. Apabila sudah, ketik perintah "fastboot flash recovery <nama_custom_recovery>" (tanpa tanda petik) lalu enter untuk memulai proses instalasi TWRP Recovery. Apabila nama TWRP Recovery milikmu twrp.img maka perintah yang kamu masukkan yakni fastboot flash recovery twrp.img
Tutorial Cara Unlock Bootloader, Install TWRP Dan Root Poco X3 Pro
  • Pastikan proses sending dan writing statusnya OKAY yang artinya file custom recovery berhasil di install. Setelah itu, cabut ponselmu dari komputer lalu tekan tombol volume atas + tombol power secara bersamaan sampai masuk ke TWRP Recovery
Tutorial Cara Unlock Bootloader, Install TWRP Dan Root Poco X3 Pro

C) Tutorial Lengkap Cara Root Poco X3 Pro (Vayu)
Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk melakukan rooting pada Poco X3 Pro. Cara rooting yang akan kita lakukan pada tutorial berikut yaitu dengan menggunakan Magisk. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain aplikasi Magisk Manager, boot.img sesuai dengan ROM yang dipakai, dan yang pasti TWRP Recovery untuk instalasi file image.
  • Unduh Magisk Manager APK versi terbaru disini kemudian install
Tutorial Cara Unlock Bootloader, Install TWRP Dan Root Poco X3 Pro
  • Jika Poco X3 Pro (Vayu) milikmu masih menggunakan stock ROM MIUI 12, unduh salah satu boot.img berikut kemudian copy ke memori internal. Pastikan kamu mengunduh boot.img sesuai dengan versi MIUI 12 yang terpasang di ponselmu. Untuk Poco X3 Pro ROM Indonesia saat ini masih menggunakan MIUI 12.0.3.0 RJUIDXM. Apabila versi boot.img berikut tidak ada yang sesuai dengan versi MIUI yang kamu pakai, kamu bisa mengunduh ROM fastboot disini kemudian ekstrak lalu ambil file boot.img nya kemudian copy ke memori internal. Selain itu, jika kamu sudah memasang custom ROM, kamu bisa mengekstrak boot.img nya dari file custom ROM tersebut kemudian copy ke memori internal
ROM MIUI 12.0.3.0 RJUIDXMDownload boot.img
ROM MIUI 12.0.4.0 RJUINXMDownload boot.img
ROM MIUI 12.0.6.0 RJUMIXMDownload boot.img
Sumber file: Hasil ekstrakan ROM fastboot masing-masing versi
  • Buka aplikasi Magisk Manager. Perhatikan gambar berikut. Status Installed N/A menandakan bahwa core Magisk belum terinstall di ponsel Android milikmu. Untuk melakukan instalasi, tekan tombol Install di sebelah kanan tulisan Magisk
Tutorial Cara Unlock Bootloader, Install TWRP Dan Root Poco X3 Pro
  • Pilih Select and Patch a File. Cari dan pilih file boot.img yang sudah kamu copy ke memori internal. Setelah itu klik Let's Go. Dari proses ini akan menghasilkan output berupa file boot yang sudah di patch / disisipi Magisk didalamnya. File Magisk Patched tersebut bisa kamu lihat di folder Download
Tutorial Cara Unlock Bootloader, Install TWRP Dan Root Poco X3 Pro
  • Step selanjutnya yakni melakukan instalasi file boot yang sudah di patch / disisipi Magisk melalui TWRP Recovery. Caranya mudah. Buka TWRP Recovery, pilih Install, klik tombol Install Image, pilih file boot yang sudah di patch di folder Download, lanjut pada opsi partisi pilih sebagai Boot kemudian swipe layar ke kanan untuk mengonfirmasi flashing
Tutorial Cara Unlock Bootloader, Install TWRP Dan Root Poco X3 Pro
  • Apabila semua berjalan lancar, maka proses rooting Poco X3 Pro sudah bisa dianggap selesai. Check di aplikasi Magisk apakah status core Magisk sudah terpasang atau belum
Tutorial Cara Unlock Bootloader, Install TWRP Dan Root Poco X3 Pro

Demikian tutorial cara mudah unlock bootloader, install TWRP Recovery dan rooting Xiaomi Poco X3 Pro (Vayu) yang bisa kamu coba. Tutorial how-to diatas merupakan tutorial umum dan sudah diuji coba sendiri di Poco X3 Pro (Vayu) milik penulis tanpa menemui kendala apapun. Untuk tutorial berikutnya akan dibahas mengenai Tutorial Cara Mudah Pasang Custom ROM Di Poco X3 Pro (Vayu) ini.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai habis. Jangan sungkan untuk request tutorial Android serupa jika kamu membutuhkannya. Terakhir, share artikel ini dari menu yang sudah disediakan apabila menurutmu berguna untuk orang lain.

Semoga bermanfaat.