-->

Type something and hit enter

By On

Module Magisk Memperbaiki Dan Meningkatkan Kecepatan Fast Charging - Saya memiliki beberapa device untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Ada laptop yang saya pakai untuk kerja di kantor, ada iPad yang biasanya saya pakai juga untuk kerja dan hiburan, lalu ada smartphone untuk komunikasi dan sosial media.


Selain Xiaomi Poco X3 Pro, saya memiliki sebuah perangkat Android yang saya pakai sejak akhir tahun 2017 hingga sekarang, yang mana smartphone yang satu ini rewelnya minta ampun. Baru berumur kurang lebih 4 tahun, ponsel dengan codename Sanders atau yang secara umum kita kenal sebagai Motorola G5S Plus ini sudah lima kali ganti layar LCD.


Saya lupa bagaimana saya memecahkan LCD original Moto G5S Plus tersebut. Yang jelas, semenjak saya mengganti LCD OEM yang saya beli di market place, masalah demi masalah muncul seiring berjalannya waktu. Layar OEM pertama retak ketika keluar dari kantong celana, layar kedua pecah dengan kondisi backdoor bengkok karena jatuh dari holder sepeda motor, LCD ketiga retak tiga titik membentuk huruf Y dan tidak bisa menerima sinyal sentuh sama sekali ketika saya sedang di perjalanan naik kereta dari DKI Jakarta menuju Jawa Timur, dan seterusnya.


Tidak hanya soal LCD yang bermasalah. Moto G5S Plus yang saya peroleh secara gratis dari menang lomba artikel review yang diadakan oleh Jalan Tikus tersebut sudah tiga kali ganti baterai baru. Baterai original bawaan dari pabrik nya rusak, tidak mau mengisi saat di charge, tapi bukan karena kualitasnya jelek melainkan karena beberapa kali ponselnya saya masukkan kembali kedalam box ketika kondisi layarnya rusak dan belum ingin menggantinya.


Ada banyak sekali cerita mengenai ponsel ini, yang kalau saya tulis mungkin bisa jadi sangat panjang. Mungkin di lain waktu akan saya ceritakan dengan detail kisah bagaimana ponsel Dual Camera pertama yang dulu sempat viral ini menemani keseharian saya hingga saya rela mengganti LCD sampai lima kali. Memang bukan sebuah smartphone flagship, namun ada kisah yang bermakna dibaliknya yang membuat saya rela untuk mempertahankannya.

Menggunakan Module Magisk Untuk Memperbaiki Dan Mempercepat Speed Fast Charging Android Terbaru

Sedikit cerita lagi bahwa Motorola G5S Plus milik saya tadi sejak awal pemakaian hingga sekarang sudah saya pasang custom ROM. Saya memiliki kebiasaan ketika saya mengganti LCD baru, sistem nya saya perbarui juga. Bisa dikatakan kalau ganti LCD ya ganti custom ROM baru.


Custom ROM terakhir yang saya pakai hingga saat ini yaitu Arrow OS. Saya merupakan salah satu fans dari ROM ini karena performanya yang stabil dan tidak banyak fitur kustomisasi didalamnya (mengingat saya tidak begitu membutuhkannya). Di Xiaomi Poco X3 Pro yang setiap hari saya pakai untuk bermain PUBG Mobile sambil recording di 90 FPS juga memakai Arrow OS.


Saya menemukan beberapa permasalahan pada custom ROM Arrow OS yang ada di Motorola Sanders terkait fast charging. Bagi yang belum tahu, Moto G5S Plus memiliki body belakang yang terbuat dari metal, sehingga ponsel ini mudah sekali panas. Apabila di check di aplikasi Ampere, dalam keadaan stand by suhu nya bisa stabil di angka 38 derajat. Padahal kalau di pegang body belakangnya, sebetulnya tidak sepanas itu.


Di Android ada yang namanya throttling. Jika suhu smartphone panas, sistem akan berusaha mendinginkannya baik itu dengan menurunkan clock speed CPU (biasanya terjadi ketika bermain game berat, saat suhu nya panas akan terjadi lag / freeze karena kecepatan CPU menurun) atau dengan menurunkan arus yang masuk ketika ponsel sedang di charge.


Hal itu yang menjadi masalah pada Motorola G5S Plus milik saya. Biasanya jika suhu smartphone diatas 35 derajat, arus yang masuk ketika melakukan charging akan menurun. Sedangkan ponsel saya suhu normal nya ada di angka 38 derajat. Saat di charge secara otomatis akan naik ke 42 derajat dan akan terus naik seiring berjalannya waktu. Tentu sistem throttling Android akan langsung aktif dan memangkas arus listrik yang masuk jika suhu ponsel diatas rata-rata, sehingga itu yang menyebabkan smartphone saya arus input nya selalu berada di kisaran 300 mAh. Fast charging nya tidak berjalan dengan semestinya yang mengakibatkan ponsel menjadi sangat lama teris penuh.


Module Magisk Memperbaiki Dan Meningkatkan Kecepatan Fast Charging


Untuk mengatasi persoalan tersebut, ada sebuah cara yang ampuh dan bekerja dengan baik di ponsel Android saya. Cukup pasang module fast charging di Magisk, pilih daya input yang kamu inginkan dan smartphone kesayanganmu akan secara otomatis melakukan pengisian daya secara maksimal tanpa memperdulikan Android milikmu sedang throttling atau tidak.


Fast Charge Version Green v2 buatan author NTH merupakan module Magisk yang bisa kamu pakai untuk melakukan bypass sistem throttling Android dan mengatur limit arus listrik yang masuk ketika kamu sedang mengisi baterai smartphone kesayanganmu. Module ini memiliki tujuh pilihan kecepatan fast charging, diantaranya :

  • Input 2670 mAh dengan daya 16W
  • Input 3000 mAh dengan daya 18W
  • Input 3500 mAh dengan daya 21W
  • Input 4000 mAh dengan daya 24W
  • Input 4300 mAh dengan daya 25.6W
  • Input 4500 mAh dengan daya 27W
  • Input 5000 mAh dengan daya 30W

Sebagai catatan meski kamu bisa mengubah speed fast charging sesuai yang kamu inginkan, disarankan kamu memilih arus dan daya sesuai dengan kemampuan ponselmu. Untuk Moto G5S Plus, saya memilih menggunakan arus input 3000 mAh dengan daya 18W sesuai dengan daya yang ada di adapter yang saya pakai. Dengan demikian, estimasi arus yang masuk ketika saya melakukan charging nanti yaitu 3000 mAh. Namun perlu diketahui bahwa kecepatan maksimal kabel data yang saya gunakan hanya 2.4A, sehingga kesimpulannya arus maksimalnya nanti ada di angka 2400 mAh saja.

Step By Step Download Dan Install Fast Charge Magisk Module Untuk Android Terbaru

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengunduh dan melakukan instalasi module fast charge untuk Magisk.

  • Pertama-tama, unduh Module Fast Charge Version Green v2 by NTH (226 KB)
  • Kemudian unduh dan install aplikasi Ampere v3.40 APK (9.2 MB) untuk memeriksa arus masuk dan arus keluar ketika Android sedang idle atau sedang melakukan charging
  • Buka aplikasi Magisk Manager, kemudian klik tab Modules
  • Tekan tombol Install from storage yang ada di sisi atas layar lalu cari dan pilih module fast charging yang sudah kamu unduh sebelumnya
Module Magisk Memperbaiki Dan Meningkatkan Kecepatan Fast Charging
  • Sesaat setelah kamu memilih module fast charging, halaman instalasi akan terbuka
  • Tekan tombol volume satu kali (bisa volume atas atau volume bawah)
  • Pilih arus dan daya fast charging yang kamu kehendaki dengan cara menekan tombol volume atas untuk Next (memilih arus dan daya selanjutnya sesuai nomor urut) dan volume bawah untuk Install arus dan daya sesuai nomor urut
Module Magisk Memperbaiki Dan Meningkatkan Kecepatan Fast Charging

Jika proses instalasi berhasil, tahap terakhir yang perlu kamu lakukan yakni me-restart smartphone Android untuk mengaplikasikan module yang baru saja kamu pasang. Setelah itu kamu bisa melakukan uji coba apakah arus yang masuk ketika melakukan charging sudah sesuai dengan yang kamu pilih atau belum.

Module Magisk Memperbaiki Dan Meningkatkan Kecepatan Fast Charging

Demikian tutorial cara mudah install module Magisk untuk memperbaiki dan menambah speed fast charging Android yang bisa kamu coba. Isi kolom komentar dibawah ini jika ada hal yang kurang jelas atau ada yang ingin kamu tanyakan. Jangan sungkan untuk request tutorial Android serupa jika kamu membutuhkannya. Terakhir, share artikel ini dari menu yang sudah disediakan jika menurutmu tutorial diatas berguna untuk orang lain. Terima kasih.