-->

Type something and hit enter

By On

Membersihkan Cache Otomatis Dan Menambah Kapasitas Internal Android - Salah satu kendala yang cukup sering dialami pengguna Android dari dulu hingga saat ini yakni kehabisan kapasitas memori internal dengan ditandai munculnya notifikasi 'Storage space running out'. Hal itu merupakan kasus yang lumrah karena bagaimanapun juga setiap hari pemakaian memori internal akan selalu bertambah baik untuk menyimpan file, mengunduh aplikasi, update sistem operasi, dan lain-lain.


Kadang kita tidak menyadari di beberapa aplikasi messaging seperti WhatsApp dan Telegram memiliki mekanisme pengunduhan file, foto dan video secara otomatis, dimana apabila pengguna tersambung ke jaringan WiFi maka media yang dikirim oleh pengguna lain akan langsung masuk ke storage tanpa perlu persetujuan pengunduhan. Jika pengguna tidak sedang tersambung ke jaringan WiFi, media tidak secara otomatis diunduh oleh aplikasi tersebut.


Untuk beberapa saat mungkin tidak akan terasa ketika ada sebuah foto atau video masuk di galeri Android milikmu. Akan tetapi bagi pengguna yang kesehariannya cukup produktif menggunakan smartphone namun tidak pernah melakukan analisa terhadap pemakaian memori, dalam hitungan bulan bisa saja masalah diatas mulai dirasakan, terlebih jika kapasitas memori internal pengguna tidak begitu besar.


Ketika persoalan kehabisan memori internal Android muncul, cara mudah untuk mengatasinya yakni dengan menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak penting atau aplikasi yang jarang digunakan. Cara lain yang juga cukup ampuh menambah kapasitas memori Android yang hampir habis yaitu dengan memindah atau melakukan backup data-data penting baik itu foto, video atau file pribadi ke eksternal drive atau ke komputer yang bisa diakses sewaktu-waktu jika dibutuhkan.

Menghapus Cache Android Untuk Menambah Kapasitas Memori Internal

Apa yang harus dilakukan jika kapasitas memori internal Android tetap penuh / tidak bisa berkurang, padahal foto, video dan file pribadi sudah dipindah / dihapus? Jika dengan memindah atau menghapus data yang tidak penting belum bisa membuat kapasitas memori internal Android milikmu lega, cara ampuh yang bisa dicoba yakni dengan menghapus temporary file atau cache yang menumpuk.


Cache merupakan data sementara yang dihasilkan oleh suatu aplikasi Android. Fungsi cache yaitu untuk membantu sebuah aplikasi bekerja lebih cepat dan efisien. Misalnya ketika kita berselancar di internet menggunakan aplikasi Google Chrome, setiap ada gambar yang muncul akan disimpan oleh browser sebagai cache. Jika suatu saat nanti kita membuka halaman dengan gambar yang sama, kita tidak perlu mengunduhnya lagi karena Google Chrome akan mengambil gambar yang tersimpan di dalam cache, sehingga halaman bisa dibuka tanpa menunggu loading yang lama dan tentunya pemakaian internet juga menjadi lebih hemat.


Keberadaan cache bisa sangat membantu performa sebuah aplikasi. Namun jika dibiarkan begitu saja, lambat laun temporary file ini bisa menumpuk dan memakan sebagian besar storage ponsel Android milikmu.


Setiap hari saya rutin membersihkan file cache. Beberapa aplikasi yang paling banyak menyumbang cache di smartphone yang saya pakai apalagi kalau bukan Browser dan Instagram. Sebetulnya saya bukanlah orang yang setiap saat mengoperasikan ponsel. Namun jika di total, rata-rata dalam sehari ada sekitar 1GB cache yang terkumpul dari aplikasi-aplikasi yang saya gunakan.


Pernah saya melihat ponsel milik istri yang datanya banyak sekali dan dibiarkan begitu saja tanpa pernah dibersihkan. Seingat saya dulu sisa storage nya lumayan banyak. Entah bagaimana dalam beberapa bulan saya amati secara berkala, pemakaian memori internal nya bertambah cukup banyak dan salah satu penyebabnya yakni karena kebiasaan istri membuka aplikasi video streaming seperti Youtube, Instagram dan TikTok yang mana setiap video yang dilihat akan disimpan sebagai cache. Dalam hitungan bulan, cache dari aplikasi-aplikasi ini menumpuk hingga lebih dari 10GB. Pada akhirnya tanpa pikir panjang langsung saya tangani agar hal ini tidak menjadi masalah di kemudian hari.

Cara Membersihkan Cache Secara Otomatis Dengan Satu Kali Klik Untuk Menambah Kapasitas Memori Internal Android

Ikuti step by step dibawah ini untuk membersihkan cache atau temporary file di Android secara otomatis, tidak harus satu per satu.

  • Unduh 1Tap Cleaner APK kemudian install
  • Buka aplikasi 1Tap Cleaner
  • Pilih Cache Cleaner
Membersihkan Cache Otomatis Dan Menambah Kapasitas Internal Android
  • Di dalam menu Cache Cleaner akan terlihat aplikasi apa saja yang memiliki cache dengan urutan tertinggi sampai dengan yang paling rendah ukuran cache nya
Membersihkan Cache Otomatis Dan Menambah Kapasitas Internal Android
  • Untuk menghapus cache dengan satu kali klik, tekan tombol sapu yang ada di bawah tampilan aplikasi 1Tap Cleaner
Membersihkan Cache Otomatis Dan Menambah Kapasitas Internal Android
  • Di halaman selanjutnya nanti akan mucul ukuran cache yang dapat dihapus oleh pengguna. Untuk melanjutkan, tekan tombol sapu sekali lagi yang ada di bawah tampilan aplikasi 1Tap Cleaner
Membersihkan Cache Otomatis Dan Menambah Kapasitas Internal Android

Berikut ini perbandingan sebelum dan sesudah cache nya dihapus menggunakan aplikasi 1Tap Cleaner. Tampak gambar sebelah kiri sisa storage nya sebesar 32.91GB sedangkan setelah cache yang ukurannya 1.02GB dihapus, sisa storage nya bertambah menjadi 33.92GB.


Membersihkan Cache Otomatis Dan Menambah Kapasitas Internal Android


Demikian tutorial cara membersihkan cache Android secara otomatis hanya dengan satu kali klik untuk menambah storage internal yang bisa kamu coba. Isi kolom komentar dibawah ini jika ada hal yang kurang jelas atau ada yang ingin kamu tanyakan. Jangan sungkan untuk request tutorial Android serupa jika kamu membutuhkannya. Terakhir, share artikel ini dari menu yang sudah disediakan jika menurutmu tutorial diatas berguna untuk orang lain. Terima kasih.