--> Skip to main content

Cara Tethering VPN Android Ke PC / Komputer VIP Full Speed

Cara Tethering VPN Android Ke PC / Komputer VIP Full Speed - Pernahkah terpikir dibenakmu bagaimana cara mengakses VPN dari smartphone Android ke perangkat lain dengan mudah dan stabil? Sebagaimana kita tahu bahwa di Android ada banyak sekali aplikasi VPN gratis dengan berbagai macam fitur yang bisa kita gunakan setiap saat untuk menjelajah internet secara anonim. Untuk komputer berbasis Windows sebetulnya ada banyak aplikasi VPN serupa. Namun bagi sebagian orang (termasuk saya), secara pribadi lebih familiar dengan aplikasi VPN di Android daripada di sistem operasi lain.


VPN adalah layanan koneksi yang memberikan kita akses ke suatu website secara aman dan private dengan mengubah jalur koneksi internet melalui server yang berbeda, sehingga jaringan internet yang kita pakai akan tersamarkan karena kita mengakses website menggunakan server perantara lain. Dengan menggunakan VPN, kita bisa menembus website-website yang diblokir oleh provider, berselancar di dunia maya secara anonim, mengakses suatu jaringan dari lokasi yang berbeda, dan lain-lain.


Cara menggunakan VPN di Android sangatlah mudah. Kamu bisa mengunduh aplikasi penyedia VPN di Google Play Store mulai dari yang gratis dengan berbagai limitasi, atau yang berbayar dengan segudang fitur dan kecepatan penuh, atau menggunakan VPN gratis namun full feature juga ada. Setelah aplikasi VPN di install, kamu tinggal membukanya lalu pilih lokasi server yang diinginkan, setelah itu tekan tombol Start untuk menjalankan.

Cara Mudah Tethering VPN Android Ke Perangkat Lain

Baru-baru ini saya mengalami sedikit kendala dengan VPN. Suatu ketika saya sedang menonton film di website luar menggunakan VPN yang kebetulan alamat domainnya diblokir oleh provider internet saya. Menit demi menit berjalan, film yang saya tonton semakin seru. Lama-kelamaan tanpa saya sadari rasanya mata saya sedikit perih karena terlalu fokus pada layar smartphone yang notabene ukurannya kecil. Sesaat saya terpikir bagaimana kalau saya nontonnya di komputer saja? Pasti lebih nyaman.


Lantas saya langsung menyalakan Hotspot Tethering dengan maksud ingin meneruskan koneksi VPN ponsel saya ke perangkat lain agar saya bisa melanjutkan nonton film yang sudah berjalan hampir setengahnya itu. Hotspot sudah dinyalakan, komputer sudah tersambung, browser sudah dibuka, masuk ke website streaming film, hasilnya zonk.


Dengan kondisi VPN di smartphone Android saya aktif, meski komputer saya tersambung ke Hotspot smartphone, nyatanya layanan VPN di Hotspot smartphone tidak ikut aktif sehingga jaringan internet di komputer saya merupakan internet biasa. Untungnya, ada sebuah cara praktis yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal ini. Berikut step by step nya :

  • Install VPN Hotspot terbaru (buatan Mygod Studio) yang akan kita pakai untuk mengaktifkan jaringan VPN di koneksi hotspot disini
  • Persiapkan aplikasi VPN yang akan kamu gunakan. Rekomendasi dari saya, di Google Play Store ada sebuah aplikasi VPN bernama Octohide VPN Beta (bisa diunduh disini) yang saat ini aplikasinya masih dalam tahap pengembangan, namun sudah diunduh lebih dari seratus ribu orang dan terbukti memberikan layanan VPN dengan kecepatan penuh dan rendah latency sehingga bisa membuat aktivitas browsing kita menjadi lancar tanpa terputus-putus
  • Buka VPN Hotspot

Cara Tethering VPN Android Ke PC / Komputer VIP Full Speed
  • Dari halaman utama VPN Hotspot kita bisa melihat pilihan sistem tethering yang dapat kita gunakan untuk menyalurkan jaringan internet smartphone kita ke perangkat lain entah itu komputer, smartphone, STB, perangkat IoT, dan lain-lain. Disini yang akan kita gunakan yaitu hotspot tethering, sehingga yang perlu kita aktifkan yakni tombol toggle disebelah kanan tulisan "Wi-Fi Hotspot"
  • Setelah Wi-Fi Hotspot diaktifkan, diatasnya nanti akan muncul tombol toggle dengan nama ID perangkat wifi (misal wlan1) yang perlu kita aktifkan seperti pada gambar berikut :
Cara Tethering VPN Android Ke PC / Komputer VIP Full Speed
  • Setelah kedua tombol diatas diaktifkan, langkah selanjutnya yaitu mengaktifkan aplikasi VPN kesukaanmu. Pastikan server VPN yang kamu pilih memiliki latency yang rendah sehingga tidak terjadi delay pada saat digunakan
Cara Tethering VPN Android Ke PC / Komputer VIP Full Speed
  • Selesai

Semudah itu langkah yang dibutuhkan untuk tethering VPN dari Android ke perangkat lain (komputer, smartphone, STB, perangkat IoT, dll). Satu hal yang belum saya jelaskan, di aplikasi VPN Hotspot ada menu pengaturan yang didalamnya terdapat beberapa konfigurasi yang bisa kamu ubah sesuai dengan kebutuhan, salah satunya pengaturan "Tethering hadware acceleration" yang terkadang fitur ini harus dimatikan apabila VPN nya tidak bisa bekerja di perangkat lain yang tersambung hotspot.


Demikian tutorial singkat cara tethering VPN Android ke PC / komputer / perangkat lain dengan akses VIP full speed yang bisa kamu coba. Isi kolom komentar dibawah ini jika ada hal yang kurang jelas atau ada yang ingin kamu tanyakan. Jangan sungkan untuk request tutorial Android serupa jika kamu membutuhkannya. Terakhir, share artikel ini dari menu yang sudah disediakan jika menurutmu tutorial diatas berguna untuk orang lain. Terima kasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar