--> Skip to main content

Module Magisk Menjaga Suhu Tetap Dingin Ketika Charging

Module Magisk Menjaga Suhu Tetap Dingin Ketika Charging - Sebelumnya saya pernah membahas mengenai Module Magisk Untuk Memperbaiki Dan Meningkatkan Kecepatan Fast Charging, dimana kasus yang saya alami pada saat itu Moto G5S Plus saya mode fast charging nya tidak bekerja sebagaimana mestinya akibat throttling. Moto G5S Plus memiliki body belakang yang terbuat dari metal, sehingga ponsel ini mudah sekali panas.


Introduction

Pada Moto G5S Plus, jika suhu ponsel naik melebihi 35 derajat, maka arus yang masuk ketika melakukan charging akan dipangkas secara bertahap demi menjaga suhu agar tidak semakin panas. Meski kenyataannya ponsel yang telah menemani keseharian saya selama lebih dari 4 tahun tersebut jika dipegang tidak sepanas itu, namun sistem seringkali mendeteksi kalau suhunya ketika di charge menyentuh angka 40 derajat keatas, sehingga arus yang masuk bisa dikatakan kecil sekali dikisaran 300 mAh.


Kasus throttling pada Moto G5S Plus yang pernah saya alami bisa diatasi dengan mudah menggunakan Module Fast Charge Version Green v2 buatan NTH. Berapapun suhu smartphone yang dibaca oleh sistem, arus yang masuk ketika melakukan charging akan selalu maksimal sampai dengan 3A, bahkan bisa lebih (tergantung dari adapter dan kabel data yang dipakai).


Masalah lain muncul di Pocophone F1 yang saya pakai saat ini. Smartphone dengan codename Beryllium tersebut sudah saya upgrade ke Android 12 menggunakan custom ROM Awaken OS. Semuanya berjalan lancar, tidak ada bug yang ditemui, hanya saja ada keanehan setiap kali smartphone di charge, suhu smartphone akan naik ke titik tertinggi secara bertahap (misal 50 derajat) tanpa alasan yang jelas. Ketika suhu mencapai angka tersebut, seketika muncul peringatan "charging temporarily limited" lalu ponsel berhenti menerima arus. Dalam hitungan detik suhu smartphone akan turun dengan sendirinya di angka 40 derajat kebawah, lalu arus kembali naik. Begitu seterusnya.

XCharge : Module Magisk Untuk Memperbaiki Fast Charging Yang Error, Meningkatkan Kecepatan Fast Charging Dan Menjaga Suhu Smartphone Tetap Dingin

Saya tidak tahu apa penyebab suhu yang sebetulnya dingin (sekitar 36 derajat) ketika di charge langsung lompat ke 40 derajat dan terus naik ke 50 derajat. Padahal smartphone nya itu dingin jika dipegang. Saya sudah coba mengulik sistem throttling nya namun tidak ada bedanya. Menggunakan module Magisk yang sama dengan kasus Moto G5S Plus diatas tidak membuahkan hasil.


Beruntungnya, saya menemukan opsi untuk mengatasi masalah ini, yaitu dengan memasang module Magisk bernama XCharge buatan iamlooper. Sesuai deskripsi nya, module XCharge memiliki fungsi utama untuk mengubah value "/sys/class/power_supply/battery/constant_charge_current_max" yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kecepatan fast charging dan juga memodifikasi limit temperature sehingga waktu untuk menaikkan dan menurunkan arus yang masuk bisa dimaksimalkan.


Setelah melakukan instalasi dan sedikit konfigurasi untuk module XCharge ini, Pocophone F1 saya kembali waras seperti biasanya. Saya merasa puas menggunakan module ini karena efeknya bisa langsung saya rasakan. Sekarang, ponsel saya tidak pernah lagi mengalami overheating. Notifikasi "charging temporarily limited" juga sudah tidak pernah muncul. Ketika melakukan charging, daya yang masuk normal seperti yang seharusnya dan suhu smartphone tetap rendah.

Cara Mudah Memasang Module Magisk XCharge Untuk Memperbaiki Fast Charging Yang Error Dan Menambah Arus Charging

Ikuti step by step singkat dibawah ini untuk memasang dan mengonfigurasi module XCharge.

  • Unduh module XCharge terbaru disini
  • Unduh aplikasi Termux terbaru yang akan dipakai untuk melakukan konfigurasi disini
  • Buka aplikasi Magisk
  • Pilih tab Modules
  • Tekan tombol Install from storage
  • Cari module XCharge yang sudah diunduh sebelumnya, kemudian pilih
  • Magisk akan melakukan instalasi dalam hitungan detik
  • Setelah instalasi selesai, restart smartphone milikmu
Module Magisk Menjaga Suhu Tetap Dingin Ketika Charging
  • Buka aplikasi Termux
  • Ketik perintah "su -c xcharge" (tanpa tanda petik)
  • Pilih mode charging mana yang kamu inginkan dengan mengetik angka sesuai urutan mode, kemudian tekan tombol enter untuk apply, lalu restart smartphone milikmu. Untuk mode pengisian daya paling cepat, pilih mode ketiga dengan batas arus maksimal 3500 mAh dan temperatur 50 derajat

Module Magisk Menjaga Suhu Tetap Dingin Ketika Charging

Demikian tutorial cara mudah memasang module Magisk XCharge untuk memperbaiki fast charging yang tidak normal dan menjaga suhu tetap rendah ketika melakukan charging. Isi kolom komentar dibawah ini jika ada hal yang kurang jelas atau ada yang ingin kamu tanyakan. Jangan sungkan untuk request tutorial Android serupa jika kamu membutuhkannya. Terakhir, share artikel ini dari menu yang sudah disediakan jika menurutmu tutorial diatas berguna untuk orang lain. Terima kasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar