--> Skip to main content

Download Aplikasi Al-Qur'an & Jadwal Sholat Untuk Android Terbaru 2018

Download Aplikasi Al-Qur'an & Jadwal Sholat Untuk Android Terbaru 2018

Download Aplikasi Al-Qur'an & Jadwal Sholat Untuk Android Terbaru 2018 - Bulan puasa merupakan bulan yang paling ditunggu oleh pemeluk agama Islam di seluruh dunia. Di bulan yang penuh berkah ini seluruh umat muslim berlomba-lomba melakukan berbagai macam amalan kebaikan agar mendapatkan pahala yang berlimpah oleh Allah SWT.

Banyak orang senantiasa gembira menyambut datangnya bulan suci ramadhan ini. Selain karena bulan ini merupakan bulan yang paling spesial diantara bulan lain dalam setahun bagi umat Islam, Allah SWT memberikan beragam kenikmatan di bulan yang penuh rahmat ini seperti ampunan, berkah, pahala yang melimpah, dan lain sebagainya.

Kaum muslimin dan muslimah yang sudah baligh diwajibkan melakukan puasa di bulan suci ramadhan. Fungsi dari puasa itu sendiri yakni untuk melatih kesabaran, melatih untuk mengendalikan hawa nafsu, dan juga sebagai cara untuk bisa menjadi orang yang lebih takwa kepada Allah SWT.

Untuk menyempurnakan ibadahnya, biasanya orang Islam bersedekah ke fakir miskin, memperbanyak waktu untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan juga memperbanyak waktu untuk membaca kitab suci Al-Qur'an entah itu pagi hari selepas sholat subuh atau malam hari setelah sholat tarawih selesai (biasa disebut sebagai tadarus yang artinya membaca kitab suci Al-Qur'an secara bergantian saat bulan puasa). Meski demikian, faktanya banyak orang yang melakukan kegiatan ini disela-sela rutinitas hariannya, khususnya setelah melaksanakan sholat fardhu.

Berbicara mengenai Al-Qur'an, di zaman serba digital ini membaca Al-Qur'an tidak selalu menggunakan kitab suci nya langsung. Kita semua tahu bahwa saat ini ada banyak sekali aplikasi Al-Qur'an yang bisa kita install di smartphone Android. Dari berbagai sumber, membaca Al-Qur'an menggunakan media smartphone tidak dilarang meski sebetulnya akan lebih baik kalau kita tetap memakai kitab Al-Qur'an asli karena berbagai alasan, salah satunya faktor keaslian ayat-ayat yang terkandung di dalamnya.

Saya pribadi sering menggunakan aplikasi Al-Qur'an di Android untuk mencari surat tertentu atau terjemahan karena pengoperasiannya lebih mudah. Selain itu, membuka Al-Qur'an dari smartphone bisa dilakukan dimana saja dan lebih bebas karena kita tidak berhadapan dengan kitab nya langsung. Hal ini dibenarkan oleh beberapa ulama bahwa kita pun tidak harus wudhu atau mensucikan diri terlebih dahulu jika ingin membuka Al-Qur'an dari ponsel karena media nya tidak lah sama.

Dari sekian banyaknya aplikasi Al-Qur'an yang ada di Google Play Store, saya menemukan satu yang memiliki fitur paling lengkap dan user friendly. Namanya Al Quran Indonesia.

Ingin hasil foto kamera Xiaomi Mi A1 jadi lebih mantap? Baca artikel Cara Install Google Camera Support HDR+ Di Xiaomi Mi A1 Tanpa ROOT Terbaru
Download Aplikasi Al-Qur'an & Jadwal Sholat Untuk Android Terbaru 2018

Dilansir dari halaman resminya di Google Play Store, Al Quran Indonesia merupakan aplikasi Al-Qur'an digital gratis dengan terjemahan Bahasa Indonesia buatan Andi Unpam. Aplikasi ini tidak hanya dilengkapi terjemahan 114 surah atau 30 juz saja melainkan ada audio MP3 Murottal nya juga yang bisa dinikmati seluruh pengguna tanpa ada pembatasan apapun.

Pengguna bisa menggunakan aplikasi ini kapan saja tanpa perlu memakai koneksi internet. Ukurannya aplikasinya cukup kecil yakni hanya sebesar 15MB saja. Dengan tampilannya yang user friendly dan minimalist, dijamin siapapun akan bisa khusyu' ketika membaca tiap ayat suci Al-Qur'an dari aplikasi yang sudah di pasang lebih dari sepuluh juta kali ini.

Al Quran Indonesia memiliki banyak sekali fitur yang tersedia didalamnya. Antara lain:
  • Design yang menarik, menggeser layar untuk berpindah surah atau juz
  • Baca Al Quran bisa dengan mode layar lanscape atau portrait
  • Tersedia tema terang dan gelap
  • Surah Index (daftar Surah)
  • Juz Index (daftar Juz)
  • Rasm / penulisan (IndoPak dan Utsmani style)
  • Tulisan latin (Transliterasi)
  • Terjemahan Bahasa Indonesia, pilihan terjemahan (KemenAg-RI dan Tafsir Al Jalalain Indonesia)
  • Salin (copy) ayat-ayat Al Quran
  • Bagikan (share) ayat-ayat Al Quran
  • Bookmark ayat-ayat Al Quran
  • Penanda bacaan terkahir
  • Backup-restore bookmark dan penanda bacaan terakhir ke Cloud
  • Melihat kata per kata terjemahan berdasarkan dari Arabic-nya ke Bahasa Indonesia
  • Audio mp3 murottal 30 Juz (Pilihan qori ada 8, diantaranya: Syaikh Hani Ar Rifai, Syaikh Mishary Rashid, Syaikh Fares Abbad, Syaikh Mahmud Khalil Al Husary, Syaikh Maher Al Muaiqly, Syaikh Saad Al-Ghamdi, Syaikh Muhammad Jebril dan Syaikh Abdul Rahman Al-Sudais)
  • Audio control murottal (play, pause, stop, next, prev, repeat)
  • Audio manager murottal (untuk mendownload atau menghapus file audio murottal sekaligus banyak)
  • Pencarian ayat-ayat berdasarkan kata kunci di terjemahan
  • Jadwal sholat atau waktu sholat dan imsakiyah termasuk alarm adzan
  • Kalendar jadwal sholat dan imsakiyah untuk 30 hari ke depan
  • Arah kiblat
  • Kalender hijriah
  • Seluruh fitur bisa berjalan offline (Al Quran offline)
Download Aplikasi Al-Qur'an & Jadwal Sholat Untuk Android Terbaru 2018

Gambar diatas merupakan menu utama aplikasi Al Quran Indonesia ini. Secara garis besar, isi dari aplikasi tersebut yaitu Al-Qur'an dan jadwal sholat di berbagai wilayah yang ada di Indonesia. Terlihat simple memang. Tapi dari tiap menu utama tersebut terdapat banyak sekali menu-menu lain yang terkandung didalamnya.

Ingin tampilan Xiaomi milikmu seperti iPhone dalam sekejap? Baca Cara Merubah Tampilan Xiaomi MIUI Menjadi Apple iOS 11 Terbaru
Download Aplikasi Al-Qur'an & Jadwal Sholat Untuk Android Terbaru 2018

Saya cukup senang ketika membaca ayat demi ayat di dalam tiap surat yang ada di Al Quran Indonesia. Pemilihan warna dan tata letak tiap text nya tidak membuat mata panas meski dipakai berlama-lama. Developer aplikasi ini tidak hanya meletakkan text bahasa Arab dengan terjemahannya saja tetapi disana juga terdapat text cara melafalkan tiap ayat nya sehingga hal ini sangat memudahkan sekali untuk orang yang masih belum terlalu lancar membaca Al-Qur'an berbahasa Arab.

Download Aplikasi Al-Qur'an & Jadwal Sholat Untuk Android Terbaru 2018

Fitur pencarian merupakan fitur unggulan lain dari aplikasi ini. Dari menu pencarian, kamu bisa menemukan terjemahan apapun di Al-Qur'an menggunakan kata kunci tertentu. Sebagai contoh, diatas saya memasukkan kata kunci "surga". Setelah itu muncul berbagai macam surat dan ayat yang didalamnya mengandung kata surga. Keren kan?

Download Aplikasi Al-Qur'an & Jadwal Sholat Untuk Android Terbaru 2018

Ini merupakan fitur yang paling banyak dicari oleh pengguna. Menu jadwal sholat merupakan menu yang isinya jam-jam sholat lima waktu ditambah Imsak dan Terbit (terlihatnya matahari). Jadwal yang tersedia di menu ini bisa disesuaikan lokasinya, baik itu lokasi tempat kamu tinggal maupun lokasi kota tertentu. Tidak sampai disitu, kamu bisa mengaktifkan alarm dari tiap-tiap jadwal yang tersedia. Misalnya maghrib saat berbuka puasa, kamu bisa membunyikan alarm dengan cara menekan jadwal maghrib lalu pilih beberapa menu yang muncul (misalnya suara adzan). Beres deh. Adzan maghrib gak bakal kelewat.

Download Aplikasi Al-Qur'an & Jadwal Sholat Untuk Android Terbaru 2018

Menu utama yang terakhir yaitu pengaturan. Disana kamu bisa mengatur seluruh aspek yang ada di aplikasi Al Quran Indonesia seperti merubah ukuran font, mengaktifkan terjemahan latin, memilih lokasi penyimpanan audio, merubah tema aplikasi dan lain sebagainya.

Satu hal yang perlu digaris bawahi, aplikasi ini mengandung iklan didalamnya. Uang yang didapat dari iklan tersebut digunakan untuk biaya sewa server dan untuk pengembangan aplikasi. Jika kamu ingin menghilangkan iklan yang sering muncul, caranya mudah. Tekan tombol donasi yang ada didalam menu pengaturan kemudian ikuti step by step nya. Biaya donasi nya hanya 20 ribu rupiah loh. Menariknya, seluruh uang donasi yang terkumpul akan disumbangkan ke anak yatim dan dhuafa di tiga tempat. Antara lain:
  • Griya Indah Serpong dan sekitarnya, Gunung Sindur, Kab. Bogor - Indonesia
  • Jln. Cabe III Dalam dan sekitarnya, Pondok Cabe Ilir, Pamulang, Tangerang Selatan - Indonesia
  • Jln. Talas II dan sekitarnya, Pondok Cabe Ilir, Pamulang, Tangerang Selatan - Indonesia

Link download aplikasi Al-Qur'an APK dengan terjemahan bahasa Indonesia & jadwal sholat untuk Android terbaru 2018

Buat kamu yang ingin memasang aplikasi Al-Qur'an dengan fitur paling lengkap di smartphone Android ini, unduh versi APK installer nya melalui link berikut:

Semoga bermanfaat.

Bingung akhir-akhir ini gak bisa login Spotify Premium Mod? Baca Cara Memperbaiki Spotify Premium Mod Tidak Bisa Login Paling Mudah Terbaru
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar